ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Lakukan Pemumupukan, Plt Bupati Kutim Turun ke Sawah

August 13, 2020 by  
Filed under Nusantara

Share this news

SANGATTA – Guna mengantisipasi krisis pangan di Kutai Timur (Kutim), ditambah lagi masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang kembali turun ke sawah sekaligus mengenalkan pengembangan produk pertanian.

Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang turun ke sawah ikut ke sawah dan memberi pupuk di sawah

Di areal persawahan tersebut ia menanam dan melakukan pemupukan di lokasi persawahan milik Kelompok Tani Guntung Sejahtera, dalam gelaran pemupukan pertama lahan padi persawahan Gapoktan Guntung dan diseminasi teknologi kaji terap padi sawah, di dusun Mekar Jaya, Desa Sangkima, Sangatta Selatan, (12/8/2020).

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengungkapkan potensi persawahan di beberapa kecamatan wilayah Kutim ini, sangat besar. Ia menerangkan seperti areal persawahan di Desa Miau Baru, Kongbeng yang menggunakan peralatan modern, kini mampu swasembada beras.

“Sangatta Selatan pun harus bisa mengembangkan padi sawah. Untuk mencukupi kebutuhan pangan warga setempat,” kata Kasmidi.

Ia juga mengaku bangga dengan program persawahan di Kecamatan Sangatta Selatan. Bahkan, semua pihak terkait, diajak terlibat untuk memajukan potensi produk pangan, terutama kebutuhan pokok, seperti beras.

“Mari kita kembangkan potensi pangan di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan dengan sebaik mungkin,” ajak Kasmidi.

Sementara itu, Kadis Pertanian, Sugiyono memaparkan lokasi sawah yang tengah dikembangkan Gapoktan Guntung Sejahtera, luasnya mencapai 350 hektar. Namun yang sudah ditanam, ada 256 hektar.

“Belum tergarap semua, karena berkaitan dengan kawasan Taman Nasional Kutai,” ucap Sugiono.

Ia berharap, tak hanya bantuan bibit dan pupuk, tetap petani pun bisa menggarap sawah dengan lebih modern, menggunakan peralatan tepat guna. Baik untuk melakukan penanaman, maupun panen.

Diketahui kegiatan pemupukan ini, Dinas Pertanian Kutim bekerja sama dengan produsen pupuk NPK, PT Petrokimia Gresik. Menggunakan pupuk, Phonska plus. Dan juga pergelaran tersebut dirangkai dengan peletakan batu pertama pembangunan ruang lab SMPN 2 Sangatta Selatan menggunakan dana alokasi khusus.

Dalam acara itu di hadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, Asisten Administrasi Pemerintahan Yuliati, Camat Sangatta Selatan Hasdiah, Sekretaris Disbun M Amin, Sekretaris Disdik Suyatno, unsur mupika, para PPL Sangatta Selatan, perwakilan Stakeholder, tokoh masyarakat dan warga sekitar. (hms7)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.