ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Diagendakan, Kepala DPMPD Kaltim Monev Virtual Pelaksanaan KKN KLB Unmul

August 6, 2020 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

SAMARINDA – Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Mulawarman (LP2M Unmul) Samarinda mengagendakan monitoring dan evaluasi (monev) secara virtual pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Kondisi Luar Biasa (KKN KLB) Unmul Angkatan 46.

Monev akan melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, H Muhammad Syirajudin sebagai instansi yang menangani urusan pemberdayaan masyarakat desa.

“Pihak LP2M Unmul mengharapkan saya menjadi narasumber untuk melihat secara langsung pelaksanaan KKN KLB. Bagaimana perkembangannya. Mereka (peserta KKN,Red) berbuat apa saja, karena KKN tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya yang dalam kondisi normal,” ujar Kepala DPMPD Kaltim, H Muhammad Syirajudin saat menerima jajaran LP2M Unmul Samarinda, di ruang kerjanya, Kamis (6/8/2020).

Dia menyambut baik tawaran tersebut. Dengan harapan bisa mengeetahui dan memberikan masukan terkait pelaksanaan kegiatan KKN KLB tersebut. Khususnya peran pendampingan mahasiswa peserta KKN membantu desa dalam mengatasi masalah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Mahasiswa disarankan aktif berkoordinasi dengan aparatur desa terkait pengelolaan keuangan yang baik sesuai ilmu yang didapat dibangku kuliah.

“Yang jelas baik mereka yang turun langsung ke lapangan maupun yang dilakukan secara virtual harus berbuat melakukan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaannnya tidak ada perbedaan karena produknya sama dan hasil kegiatannya akan dilaporkan dalam laporan tertulis peserta KKN,” katanya sambil menyebut KKN KLB secara umum dilakukan secara virtual dan hanya sebagian kecil yang bisa turun ke lapangan, yakni mahasiswa asal desa setempat dan yang wilayahnya aman COVID-19.

Syirajudin menerima kunjungan jajaran LP2M Unmul Samarinda didampingi Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, Sumber Daya Alam, dan Teknologi Tepat Guna (UEM, SDA, dan TTG), Elvis yang secara tugas dan fungsi menangani koordinasi pelaksanaan program pengabdian masyarakat termasuk KKN KLB Unmul.

Untuk diketahui, sebanyak 2.489 orang mahasiswa KKN KLB melaksanakan pengabdian selama dua bulan mulai Juli -Agustus dan tersebar di 174 kelurahan dan 288 desa di 79 kecamatan se Kaltim (AM)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.