Pesawat NAM AIR Siap Layani Penumpang Kubar-Samarinda

August 5, 2020 by  
Filed under Berita

SENDAWAR – Pesawat NAM AIR ATR 72 pada 7 Agustus 2020 siap melayani oenerbangan dari Samarinda – Kutai Barat (Kubar) dan dari Kubar ke Samarinda.

“Dalam pengajuan slot time ke pihak Bandara Melalan Sendawar, penerbangan dijadwalkan seminggu tiga kali, yaitu Senin, Rabu, Jumat. Pada pelaksanaan awal akan beroperasi pada hari Senin dan Jumat ,” kata Kepala Bandara Melalan Sendawar Sumariyanto melalui Pelaksana Harian (PLH) Aulia M. Negara di kantornya Senin (03/8/2020).

Dikatakan, pesawat NAM AIR siap beroperasi di Bandara Melalan, Sendawar, Kubar ke Bandara APT Pranoto Samarinda, pada 7 Agustus 2020 dan terbang sehari dua kali guna melayani masyarakat Kubar dan sekitarnya.

Ia menuturkan, untuk kapasitas penumpang sekali angkut kemungkinan hanya 50 orang dari Bandara Melalan ke Samarinda mengingat Bandara Melalan yang masih terbatas untuk landasan pacunya.

Dijelaskan Aulia, untuk kapasitas ATR 72 sebenarnya bisa muat maximal hingga 70 orang penumpang. Mengingat landasan pacu yang pendek, maka pesawat hanya mampu membawa 50 orang dari Kubar, sedangkan dari Samarinda bia membawa sebanyak 70 orang.

Aulia M Negara

“Karena kalau pesawat mau take off itu harus panjang landasan pacunya, kalau landingnya aman aja sebenarya lapangan kita di Melalan ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, jadwal penerbangan yang diajukan pihak NAM AIR dari Bandara APT. Pranoto Samarinda ke Melalan Sendawar,Kubar pukul 08.30 – 09.20 wita, dari Kubar ke Samarinda 09.40 – 10.30 Wita. Penerbangan kedua dari Kubar pukul 11.15 Wita.

Bandara Melalan saat ini juga masih melayani penerbangan ke Mahakam Ulu (Mahulu) melalui pesawat perintis Susi Air seminggu dua kali, Samarinda – Data Dawai Mahulu, dilanjutkan Mahulu – Melalan Kubar, kembali lagi Kubar Mahulu kemudian ke Samarinda lagi.

Aulia menghimbau kepada masyarakat yang mau bepergian hendaknya selalu mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, selalu membawa hand sanitizer, mengingat penyebaran covid 19 di Kubar yang semakin bertambah setiap hari dan banyaknya terpapar melalui transmisi lokal. (arf )

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.