Juli, Inflasi Kaltim 0,07 Persen

August 4, 2020 by  
Filed under Berita

Samarinda – Tingkat pergerakan Indek Harga Konsumen  atau inflasi di Provinsi Kalimantan Timur pada bulan Juli 2020 sebesar 0,07 persen.Angka ini lebih rendah dari inflasi bulan Juni 2020 sebesar  0,22 persen. Sedangkan tingkat inflasi tahun kalender sebesar 0,92 dan inflasi tahun ke tahun sebesar 0,80 persen.  

“Inflasi di Kalimantan Timur diukur berdasarkan dua kota yaitu Kota Samarinda yang mengalami inflasi  0,36 persen, dan Kota Balikpapan mengalami deflasi sebesar 0,30 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik Kaltim, Anggoro Dwi Tjahyono dalam  penyampaian rilis inflasi bulanan di Samarinda, Senin (3/8/2020).

Disampaikan, inflasi tahun kalender Kota Samarinda sebesar 0,98 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 1,11 persen. Sedangkan Kota Balikpapan inflasi tahun kalender sebesar 0,86 persen dan inflasi tahun ketahun sebesar 0,41 persen.

Inflasi terjadi karena adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh naiknya beberapa indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok kesehatan sebesar 0,38 persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,36 persen dan  kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,28 persen.

Sementara itu,  kelompok transportasi sebesar 0,22 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,21 persen, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,11 persen,  kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,10 persen serta kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,07 persen.

Untuk tiga kelompok lainnya mengalami penurunan indeks yaitu kelompok pakaian dan alas kaki sebesar -1,16 persen diikuti kelompok pendidikan sebesar -0,66 persen dan kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar -0,02 persen. Pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar -0,15 persen,  kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar -0,06 persen; dan kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar -0,02 persen.

Dari lima provinsi di Kalimantan, inflasi tertinggi berada di Kota  Samarinda dengan nilai inflasi 0,36 persen. Sedangkan terendah berada di Kota Tarakan sebesar 0,24 persen. Untuk deflasi tertinggi bulan Juli ada di Kota Singkawang  sebesar -0,45 persen dan deflasi terendah berada di Kota Palangka Raya -0,22 persen.

“Jadi ada tiga kota yang mengalami inflasi yaitu Kota Sampit, Samarinda dan Tarakan. Sementara sembilan kota lain mengalami deflasi,” ujar Anggoro.(Yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.