Siap Fasilitas Pelatihan Pengelolaan Dana Desa dan Dana Kelurahan

July 2, 2020 by  
Filed under Serba-Serbi

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim dipastikan siap memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan pengelolaaan dana desa dan dana kelurahan yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim.

“Secara prinsip kita menyambut baik, karena memang kepala desa dan lurah perlu terus ditingkatkan kapasitasnya menyesuaikan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan kedepan yang semakin berkembang,” ujar Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menerima kunjungan jajaran BPSDM Kaltim, di Ruang Kerjanya, Kamis (2/7).

Jauhar menerima kunjungan didampingi Sekretaris Surono, Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Noor Fathoni, Kasi kapasitas Desa dan Kelurahan Vincentius Samadi Ponco Putro.

Menurutnya hal tersebut sejalan dengan program DPMPD dalam kaitan peningkatan kapasitas kepala desa dan lurah. Terlebih kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas yang sudah hampir dilaksanakan DPMPD terpaksa dibatalkan karena edaran pelarangan acara melibatkan orang banyak.

Karenanya dia akan menugaskan bidang terkait untuk membantu fasilitasi komunikasi dan koordinasi dengan kabupaten/kota, khususnya desa dan kelurahan target peserta pelatihan.

Pada kesempatan itu dia menyarankan agar BPSDM membuta semacam petunjuk teknis pelaksanaan pelatihan mendatang agar pelaksanaannya tertib. Sebab pengalamannya mengisi materi pelatihan melalui webinar tidak tertib karena ada peserta yang merokok dan sebagainya.

“Kemudian perlu ada yang mengawasi setiap halaman pada tampilan webinar, karena saat jumlah pesertanya banyak dikhawatirkan tidak bisa termonitor secara keseluruhan sehingga pelatihan tidak efektif,” serunya.

Terakhir, dia menyarankan agar materi pelatihan nantinay dibuat sedemikian rupa agar peserta lebih meudah memahami. Sebagb pelatihan melalui webinar tidak saama seperti tatap muka yang bisa langsung praktek.

Sementara Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDM Kaltim, Buyung Dodi Gunawan menyebut kedatangannya ingin minta fasilitasi mengkoordinir kepala desa dan lurah target peserta pelatihan.

BPSDM ada kegiatan pelaksanaan pelatihan pengelolaan dana desa dan dan kelurahan membahas mulai dari perencanaan, penatausahaan, hingga proses pengadaan barangdan jara pemerintan. “Ini sebenarnya akan kita laksanakan secara tatap muka, tapi karena pandemi COVIS-19 disesuaikan menggunakan webinar,” sebutnya.

Pelatihan rencananya akan menghadirkan narasumber dari lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) terkait terkait pelatihan pengadaan barang dan jasa agar tidak ada kepala desa dan lurah tersangkut masalah akibat pengadaan.

Bila tidak ada aral, pelatihan diagendakan akan dilaksanakan pada Agustus atau September 2020 menyesuaikan kesiapan desa dan kelurahan. Secara resmi BPSDM akan bersurat ke DPMPD perihal permohonan fasilitasi koordinasi ke desa dan kelurahan target peserta pelatihan.

Kedepan dia berharap kerjasama dengan DPMPD bisa ditingkatkan menyesuikan kebutuhan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa dan lurah yang akan disasar sesuai target DPMPD Kaltim.

“Siap koordinasi dan kolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim dan kabupaten/kota se Kaltim, karena kewenangan penyelenggaraan pengembangan SDM aa di BPSDM,”katanya.(AM)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.