Peringatan Harganas ke 27, Walikota Samarinda Sukseskan Sejuta Akseptor KB

June 30, 2020 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA. Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 juga dilaksanakan secara serentak di kota Samarinda dengan simbolis pelepasan balon gas di lima titik fasilitas layanan kesehatan.

Tidak hanya melaksanakan serentak, Pemkot Samarinda pun turut menyukseskan program nasional Sejuta Akseptor KB di seluruh Indonesia yang akan dicatat dalam Museum Rekor Republik Indonesia (MURI), dimana Samarinda berkontribusi sebanyak 3.883 akseptor.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang memimpin langsung peringatan Harganas yang berlangsung di Klinik Kusuma Jalan Perjuangan VII dengan simbolis melepas balon gas udara sebagai tanda dimulainya pelayanan KB Sejuta Akseptor KB, Senin (29/6/2020).

Dalam sambutannya walikota Samarinda kembali mengingatkan pentingnya implementasi kampung KB yang telah terbentuk di seluruh kelurahan atau sebanyak 59 kampung KB.

“Kami minta dicek terus kampung KB yang telah terbentuk. Jangan hanya seremonial saja, tapi tidak jalan. Implementasikan 8 fungsi keluarga di kampung KB, karena kampung KB ini muncul di tengah-tengah masyarakat,” pesan Jaang.

Terpisah di Klinik Kartika Jaya Jalan Merdeka 3 kelurahan Sungai Pinang, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengimbau warga agar merencanakan kehidupannya khususnya dalam keluarga, tidak menikah dini dan juga menikah terlalu tua. “Menikahlah pada jenjang usia 20-30 tahun,” pesan Wagub pada peringatan yang dihadiri pula Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Kepala BKKBN Kaltim M Edi Muin, kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Samarinda Nurul Mu’minayati.

Ketua TP-PKK Kota Samarinda Puji Setyowati Jaang juga melepas balon udara di Puskesmas Pasundan pertanda pelayanan KB sejuta akseptor dimulai.

Puji menuturkan, Harganas merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan program pembangunan keluarga untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

“Keluarga sebuah tempat kita berkumpul, bercanda, tempat kita berbagi dan tempat kita memberikan support yang sangat baik untuk pengembangan kedepan, oleh sebab itu kegiatan ini kita lakukan bukan hanya sekadar seremonial saja, tetapi yang lebih penting makna dari sebuah keluarga yaitu keluarga menjadi sebuah tiang yang kokoh dalam mewujudkan dan mempersiapkan generasi untuk kepentingan bangsa dan negara,” tutur Puji yang juga anggota Komisi IV DPRD Kaltim ini.

Sementara ketua TP PKK Provinsi Kaltim Norbaiti Isran Noor melakukan seremoni peringatan Harganas di Puskesmas Loa Bakung.

“Peringatan Harganas tema dengan cara baru dan semangat baru hadir di dalam keluargamu, ini mengajak kita semua bahwa mencintai keluarga berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia, sejahtera, dan berbudaya,” ujar Norbaiti yang didampingi ketua DWP Samarinda Titing Qomaryati Sugeng.

Peringatan Harganas dengan suasana berbeda di tengah kondisi pandemi Covid-19 juga dilaksanakan di Puskesmas Kampung Baqa dilakukan yang dipimpin oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda dr Ismed Kosasih.(*/Kfsmd)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.