Terbentuk, Dua Unit Koperasi Ternak Sapi di Kubar

June 17, 2020 by  
Filed under Agrobisnis

SENDAWAR – Dua unit koperasi peternak dan penggemukan sapi telah terbentuk di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yaitu unit Tering dan unit Sekolaq Darat. Pelantikan dan pengesahan koperasi peternak dan penggemukan sapi Berkah Selama Jaya Kalimantan Timur (Kaltim) membuka dua unit di Kutai Barat (Kubar), yaitu unit Tering dan unit Sekolaq Darat.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar Sapriansyah menyampaikan, dua unit koperasi tersebut dibentuk PT. Berkah Selama Jaya yang bergerak dalam peternakan penggemukan sapi. Hal ini sangat membantu pemerintah Kubar dalam hal pemenuhan kebutuhan daging sapi.

“Secara tidak langsung kami sudah ada sarana untuk potong hewan di Kubar hasil penggemukan hewan tersebut ,” kata Sapriansyah saat menghadiri pelantikan dan pengesahan Koperasi Ternak Berkah Selama Jaya di Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Selasa sore (16/6/2020).

Dikatakan Sapriansyah, dengan adanya wadah potong hewan ini salah satu sumber pendukung Penghasilan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah dan kesejahteraan masyarakat Kubar, dan ini adalah akhir dari penggemukan sapi, selain dikonsumsi sendiri di Kubar bisa juga di distribusikan ke daerah lain.

“Adanya kemitraan ini sangat didukung dan diapresiasi Pemkab Kubar,” tandasnya.

Ia menuturkan untuk masalah tekhnis, pemerintah Kubar melalui bidang peternakan dan kesehatan hewan dinas pertanian siap mendampingi peternak ini dalam hal pelayan kesehatan hewan dan juga budidaya penggemukannya.

Sementara itu ketua Koperasi Berkah Selama Jaya Suparlan mengatakan, pembentukan koperasi Berkah Selama Jaya yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Kaltim sudah ada 11 unit dan beranggotakan sekitar 200 orang, dan salah satunya di Kubar sudah ada dua unit yang sudah terbentuk.

“ Untuk di Kubar ada unit Tering dan unit Sekolaq Darat,” kata Suparlan.

Ia mentuturkan, nantinya disetiap kabupaten dan kota akan ada cabang untuk membawahi unit – unit yang mau bergabung. Saat ini banyak yang mau bergabung. Pembentukan cabang koperasi bertujuannya mempermudah kontrol.

“Setiap satu unit beranggotakan 15 orang dan merupakan peternak sapi,” ujarnya.

Suparlan menjelaskan, para peternak sapi yang sudah tergabung di dua unit ini semuanya sudah berpengalaman dalam memelihara sapi. Anggota yang mau bergabung tentunya yang memiliki pengalaman cara beternak sapi.

“Untuk bakalan maupun pasca panennya nanti koperasi induk di KM 08 Loajanan yang akan bertanggung jawab untuk memasarkan dan menyiapkan bibitnya kembali,” tuturnya.

Dijelaskan, polanya menggunakan sistim timbang, baik pembelian maupun pasca panennya atau penjualannya.

Suparlan berharap, dengan adanya koperasi ternak Berkah Selama Jaya Kalimantan Timur, serta unit – unit yang sudah terbentuk di kabupaten dan kota bisa mewarnai akan kebutuhan daging segar dan bisa juga mewarnai harga jual di tingkat petani dengan harapan memberikan nilai tambah dari segi ekonominya para peternak sapi. (arf).

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.