Kaltim Persiapkan Kemungkinan Laksanakan Kebijakan New Normal

May 29, 2020 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – Kebijakan new normal yang akan diberlakukan secara nasional dibeberapa daerah di Indonesia mesti dipersiapkan dengan baik. Tidak hanya daerah-daerah yang ditetapkan melaksanakannya, tapi juga bagi daerah lain yang bakal melaksanakan jika sudah memenuhi syarat.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menegaskan, berdasarkan hari evaluasi Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19, Kaltim belum termasuk daerah yang ditetapkan bisa melaksanakan kebijakan new normal.

“Tapi harus tetap mempersiapkan diri ke depannya. Bagaimana saat ditetapkan aman dan dapat melaksanakan kebijakan new normal, tetapi harus menjaga protokol kesehatan, ” ujar Wagub Hadi Mulyadi didampingi Plt Asisten Pemerintah dan Kesra Sekprov Kaltim Moh Jauhar Efendi saat mengikuti rapat terbatas bersama Gugus Tugas terkait persiapan new normal, Kamis (28/5/2020) malam.

Menurutnya protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker saat keluarga rumah, dan rajin mencuci tangan pakai sabun harus menjadi budaya di masyarakat.

Harapannya saat Kaltim melaksanakan kebijakan new normal benar-benar siap. Dan tidak berdampak terjadinya gelombang kedua penularan dan penyebaran COVID-19.

Dia menyebut untuk melaksanakan kebijakan new normal ada beberapa syarat yang harus dipenuhi daerah. Hasil survey yang diisi Pemprov Kaltim dinilai masih belum memenuhi syarat dimaksud.

Prinsipnya, kata dia Pemprov Kaltim siap saja mengikuti kebijakan pusat terkait penanganan COVID-19.

Terlebih niat melaksanakan kebijakan new normal bertujuan baik, yakni mewujudkan kehidupan yang produktif dan aman COVID-19.

“Ini data diserahkan ke pusat yang akan nilai layak tidaknya melaksanakana kebijakan new normal. Kita di daerah harus mampu menjaga jangan sampai ada penambahan kasus baru dan pasien yang bisa segera sembuh, ” timpalnya.

Rapat terbatas tersebut dipimpin Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monarno dengan diikuti beberapa kepala daerah di Indonesia.

Di Kaltim, rapat diikuti Wagub Hadi Mulyadi, Plt Asisten Pemerintaham dan Kesra Moh Jauhar Efendi, Plt Kepala Dinkes Kaltim M Andi Ishak, Plt Kepala BPBD Kaltim Nazrin, Kepala Dinsos Kaltim M Agus Hari Kesuma, dan Karo Humas Sekprov Kaltim M Syafranuddin.(AM)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.