Barkati Minta Maaf Tak Gelar Open House

May 23, 2020 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA. Suasana Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sampai saat ini belum berakhir membuat beda perayaan Idul Fitri 1441 H/2020 M tahun ini sehingga membatasi perayaan hari kemenangan umat muslim seperti biasanya melaksanakan open house di kalangan pejabat. Begitu pula dengan Wakil Walikota Samarinda M Barkati tak bisa bersilaturahmi secara fisik melalui kegiatan open house tradisi tahunan ini.

“Atas nama keluarga kami memohon maaf kepada warga untuk lebaran tahun ini tidak bisa melaksanakan open house sebagai wadah kita bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan,” ucap Wawali Barkati melalui pesan WhatsApp kepada wartawan, Jumat (22/5).

Untuk itu, melalui media Barkati menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga Samarinda dan staf di lingkungan Pemkot serta para alim ulama, tokoh-tokoh masyarakat, unsur Forkompinda Kota dan Forkompinda Kaltim.

“Kami berserta keluarga menyampaikan permohonan maaf atas salah dan khilaf, tutur kata dan perbuatan, baik sengaja maupun tidak sengaja. Mari kita saling memaafkan untuk meraih kemenangan di Idul Fitri walaupun bermaafan bukan hanya saat Idul Fitri aja,” imbuhnya.

Padahal lanjut Barkati dengan open house bisa langsung bersilaturahmi dan mempererat hubungan.

“Banyak manfaat dari silaturahmi yang diajarkan semua agama. Silaturahmi adalah tanda kebersamaan dalam keberagaman. Silaturahmi juga jembatan kasih sayang, menjembatani dua sisi yang berbeda, terhubung dengan jiwa kasih dan sayang,” tuturnya.

Ditambah juga menurutnya silaturahmi itu meluaskan pikiran dan memperkaya sudut pandang, dan salah satu dari sekian banyak pintu rejeki.

“Tapi apa boleh buat, kondisi pandemi Covid-19 tidak mengizinkan kita untuk menggelar open house sebagai sarana silaturahmi dan saling maaf memaafkan,” katanya.

Ia menjelaskan, baik dirinya dan semua masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, baik itu social distancing maupun physical distancing sebagai upaya meminimalisir penyebaran corona.

“Kita harus rajin melakukan social distancing dan physical distancing. Sering-sering cuci tangan, jaga kebersihan. Jika keluar rumah pakai masker dan jaga jarak,” pesan Barkati. (*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.