ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemkab Kutim Terima Kunjungan BNPB, Bahas Progres Penanganan COVID-19

May 22, 2020 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA- Kamis (21/5/2020) ini Pemkab Kutim mendapat kunjungan dari Wakil Ketua BNPB Pusat Brigjen TNI (Purn) Nanang Heriyanto. Kunjungan pejabat Pusat ini diterima Wabup Kutim H Kasmidi Bulang mewakili Bupati di BPBD Kutim atau Posko Utama COVID-19, di jalan Soekarno-Hatta, Sangatta Utara.

Tujuan kunjungan itu adalah memonitoring pelaksanaan penanganan COVID-19 oleh gugus tugas yang sudah di bentuk di setiap daerah. Untuk mengetahui sejauh mana progres pelaksanaan penanggulangan COVID-19 di Kutim, Wakil Ketua BNPB Brigjen TNI (Purn) Nanang Heriyanto mendengarkan berbagai paparan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutim. Pertemuan dimaksud dipandu Wabup Kasmidi. Turut dihadiri Asisten Ekobang Seskab Kutim  Suroto, Sekretaris Gugas Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutim Syafruddin Syam, Kadinkes Kutim Bahrani dan Unsur FKPD Kutim.

Selesai pertemuan Wabup H Kasmidi Bulang menyampaikan apresiasi Pemerintah Pusat yang telah turun ke lapangan melalukan monitoring penanganan COVID-19 di daerah. Artinya hal ini menjadi respon positif dari Pemerintah Pusat.

“Sebelumnya, saat rapat berlangsung saya juga meminta kepada semua pimpinan FKPD untuk menyampaikan program-programnya. Sehingga tercatat bahwa di Kutai Timur ini semua elemen pemangku kebijakan bersatu melawan COVID-19,” kata Kasmidi.

Dirinya pun mengucapkan syukur atas kerjasama yang telah tercipta selama ini. Bahu membahu saling mengisi melawan penyebaran virus Corona. Walaupun hingga kini belum ada yang tahu pasti kapan berakhirnya pandemi COVID-19 ini.

Oleh sebab itu, lanjutnya, semua pihak secara bersama-sama tetap berusaha, menekan potensi penyebaran virus yang belum ada obatnya ini. Salah satunya mengimbau masyarakat agar diaiplin mematuhi protokol kesehatan terkait COVID-19. Terbaru adalah kesepakatan bersama para pihak untuk meniadakan sholat Idul Fitri berjamaah di Masjid atau di Lapangan. Demi menghindari potensi terciptanya klaster baru penularan COVID-19.

“Itu merupakan bagian menjalankan amanah bapak Presiden RI dan juga intruksi dari bapak Gubernur (Kaltim),” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua BNPB Brigjen TNI (Purn) Nanang Heriyanto mengatakan kehadiran dirinya di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutim tersebut bedasarkan keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 7, tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19.  Dijelaskan olehnya Kepres itu sudah mengalami dua kali perubahan. Sebelumnya Ketua Gugus diserahkan ke Seskab, lantas berubah dan dipimpin langsung kepala daerah.

“Itulah sebagai dasar kami ada disini. Untuk memonitor pelaksanaan penanganan COVID-19,” terang Nanang yang juga LO BNPB.

Berdasarkan paparan progres yang disampaikan Gugus Tugas Kutim, penanganan COVID-19 di Kutim sudah sesuai dengan apa yang semestinya dilakukan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus perlu diperbaiki secara bersama-sama. Terutama adalah dari sisi keamanan dan perlindungan diri.

“Sehingga di kemudian hari, saat melakukan tugas terlindungi dan aman,”  jelasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan yang dilaksanakan oleh Wakil Ketua BNPB Brigjen TNI (Pur) Nanang Heriyanto merupakan perintah langsung dari Ketua BNPB untuk melaksanakan pengecekan terkait tugas tim gugus tugas yang sudah dibentuk di setiap daerah dalam penanganan COVID-19. Mulai dari pelaksanaan, penanganan dan pencegahaannya. (hms7/hms3)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.