Pasien Positif Covid-19 di Kubar Bertambah

May 21, 2020 by  
Filed under Serba-Serbi

SENDAWAR – Kasus terkonfirmasi positif bertambah lagi satu orang hasil pemeriksaan swab test polymerase Chain Reaction (PCR), seorang perempuan yang diberi kode KBR 19 usia 33 tahun.

Dengan bertambahnya satu orang terpapar positif covid 19, hingga saat ini kasus pasien terpapar menjadi 19 orang, dan yang dinyatakan sembuh 5 orangs dan tersisa 14 orang yang masih dalam perawatan di karantina rumah sakit Pratama.

Dalam keterangan pers di media center penanganan covid 19, Sekdakab Kutai Barat (Kubar) Yacob Tullur menyampaikan, dari hasil swab test PCR yang baru saja keluar, ada satu orang perempuan yang terkonfirmasi positif covid 19, dan ditambah 6 orang karyawan perusahan Trubaindo Caol Mining (TCM) dan RTI dinyatakan negatif covid 19.

“Enam orang dari perusahaan hasil swab test PCR negatif antara lain, NF laki –laki 33 tahun, RH 40 tahun, JTS 22 tahun, HR 42 tahun, DM 36 tahun, AR 37 tahun,” ungkap Yacob Tullur Rabu malam (20/5/2020) didampingi Kepala Diskes Kubar, Direktur RSUD HIS, perwakilan Kodim 0912/Kbr, Polres Kubar, Dishub Kubar dan BPBD Kubar.

Dikatakan Yacob Tullur, tantangan para tenaga medis saat ini ada pasien ibu rumah tangga yang terpapar covid 19 memiliki bayi yang masih berumur 1 dan 2 tahun.

“Kami sangat bersyukur kedua bayi tersebut hasil swab test PCR nya negatif,” ujarnya.

Dijelaskan Yacob Tullur, yang jadi persoalan saat ini jika si ibunya di evakuasi ke rumah sakit pratama seperti si suami, otomatis si ibu harus mengikuti standar protokol kesehatan tim gugus kabupaten, maka kedua bayi tersebut harus di swab test PCR kembali, karena kedua bayi tersebut tidak mungkin dipisahkan dari orang tuanya mengingat usia mereka yang masih terlalu kecil.

“Ini yang harus dipahami dari pihak keluarganya,” tandasnya.

Yacob Tullur berharap kepada semua masyarakat Kubar khususnya, agar selalu mentaati anjuran pemerintah melalui protokol kesehatan, jangan merasa dirinya aman tapi tidak memikirkan orang lain.

“ Mari kita jadikan pembelajaran agar tidak terpapar covid 19, jangan sampai kejadian semacam ini terjadi lagi dan bertambah terus,kasian tenaga medis kita yang tugas di gugus depan, biar mereka berbagi shif atau bergiliran akan tetapi mereka juga punya keterbatasan,” pesannya.

Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) 9 dan meninggal 1 orang. Sementara orang dalam pemantauan (ODP) 221 orang, orang tanpa gejala (OTG) 198 orang, selesai pemantauan 197 orang, proses pemantauan 24 orang. Untuk pelaku perjalanan terakumulasi sejak awal mencapai 8.091 orang.

Untuk diketahui data dari posko PKM Kampung Jambuk Kecamatan Bongan dan PKM Dilang Puti pelaku perjalanan mencapai 690 orang KTP Kutai Barat 321 orang, KTP Luar Kutai Barat 369 orang kendaraan 273 unit. PKM Long Iram pengunjung sebanyak 429 orang dan kendaraan 286 unit. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.