Pelaku Usaha di Kaltim Diminta Manfaatkan e-commerce

May 15, 2020 by  
Filed under Berita

Samarinda -Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Sebentuk seruan di tengah pandemi virus corona yang sedang melanda dunia, agar rakyat Indonesia mengokohkan kembali tumpuan ekonomi bangsa dengan berdiri di atas kaki sendiri.

“Prinsipnya kita senang dengan gagasan ini. Dan bukan hanya bangga, tapi juga membeli,” jawab Plt Sekprov Kaltim HM Sa’bani di Kantor Gubernur Kaltim, ketika dimintai tanggapan usai menyaksikan peluncuran Bangga Buatan Indonesia oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (14/5/2020).

Bahkan kata Sa’bani, para pelaku usaha di Kaltim juga harus memanfaatkan wadah e-commerce dengan akun banggabuatanIndonesia tersebut. Wadah ini sangat baik untuk mempromosikan produk-produk asal Kaltim agar bisa dikenal lebih luas.

Dia yakin produk Kaltim juga layak bersaing di pasar nasional, juga internasional. Produk Kaltim itu mulai dari berbagai jenis olahan makanan dan minuman, konveksi dan fashion, perkakas (furnitur) dan lainnya.

Sa’bani juga mengingatkan para pejabat dan keluarganya untuk memberi teladan bangga membeli produk Indonesia, terutama produk asal Kaltim sendiri.

“Kita harus lebih fokus membeli barang-barang produk negeri sendiri, terutama dari Kaltim,” pesan Sa”bani.

Menurutnya, produsen akan terlindungi jika kita membeli produk sendiri. Pasar Indonesia sangat besar dengan tingkat kebutuhan yang sangat tinggi.

“Penduduk Indonesia sekitar 250 juta jiwa. Jika kita bangga dengan produk sendiri, maka yakinlah ekonomi kita pasti akan tumbuh dan berkembang dengan baik,” tutup mantan Asisten Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim itu.

Sebelumnya saat peluncuran Bangga Buatan Indonesia, Presiden Joko Widodo mengatakan seluruh dunia saat ini sedang berjuang melawan pandemi virus corona. Ada 213 negara yang sedang berjuang untuk menyelamatkan rakyatnya agar tidak terpapar dan ekonomi warganya juga tidak terkapar.

Karena itu, lanjut Presiden, Indonesia harus mampu bertumpu pada kekuatan sendiri. Berdiri di atas kaki sendiri, menyelesaikan masalah juga dengan tangan sendiri.

“Apa yang menjadi kekuatan kita, kita gunakan, dan apa yang jadi kekurangan, kita perbaiki,” pesan Jokowi, sapaan akrab Presiden RI ketujuh itu.

Presiden bangga karena bangsa ini sesungguhnya memiliki banyak karya dan produk berkualitas serta berdayasaing.

“Pandemi tidak boleh membuat kita berhenti berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan peluang-peluang,” sebut Jokowi lagi.

Di bidang kesehatan misalnya, inovasi anak bangsa dalam upaya penanganan Covid-19 sudah berhasil menciptakan PCR test kit, rapid diagnosis test, ventilator dan lainnya.

“Produk-produk karya anak bangsa ini sangat bermanfaat di masa pandemi ini. Ini yang harus kita gunakan. Kita harus bangga dengan karya anak bangsa sendiri,” tegas Jokowi.

Peluncuran secara virtual tersebut, juga dihadirkan sejumlah pelaku usaha sukses di Indonesia. Hadir pula sejumlah menteri. (sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.