Mensiasati Krisis Agar Tetap Eksis

April 29, 2020 by  
Filed under Opini

KITA sering mendengar kata “BERKAH”, tapi tahukah apa itu berkah? Menurut imam Ghozali berkah itu berarti bertambahnya kebaikan. Menurut hadist yang lain berkah yaitu memiliki dua makna yang pertama tambah dan bertumbuh, yang kedua kebaikan yang berkesinambungan atau terus-menerus.

Indiyatno Nur Setiadi, owner Dermaga Corporation

Hal ini disampaikan oleh Indiyatno Nur Setiadi salah satu Coach di Pesantren Bisnis Indonesia (PBI) melalui Webiner, 27 April 2020 yang diikuti oleh sekitar 307 peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam berbisnis menurut Indi panggilan akrab Indiyatno Nur Setiadi pemilik Dermaga Corporation harus memiliki visi, apa yg ingin kita raih di masa depan. “Seperti saya punya visi ingin memiliki Perusahaan DERMAGA artinya dermawan masuk surga ini yg menjadi Visi bisnis kami”, papar Indi.

Dalam mewujudkan bisnisnya, Indi menerapkan Empat pilar bisnis, yaitu asas bisnis (aqidah bisnis), amaliah bisnis (penuntun bisnis), khimah bisnis (nilai materi atau pendorong bisnis)dan sunnah bisnis (penentu atau action)

Strategi Bisnis

Dalam menjalankan bisnis harus punya strategi, yaitu Strategi langit dan strategi bumi.

Strategi langit

Diawali dengan niat, yaitu berbisnis karena ibadah dan yang kedua mengikuti sunnah Rasulullah.

Dalam strategi langit kuncinya adalah menjalankan bisnis yang menjauhkan diri dari larangan-larangan yang telah Allah tetapkan, misalnya menghindari riba. Jika mau bisnis tetap.eksis selama kondisi krisis harus dikoridor Allah, yaitu jauhi Riba.

Kuncinya adalah bisnis harus sesuai dengan syariat Allah dan mencari keberkahan Allah, caranya yaitu merubah diri sesuai dengan Q.S Ar-Ra’d 11 “sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”, papar Indi.

Dalam webiner yang dipandu oleh Taslim Muktar dari Grobogan, Indi menceritakan pengalamannya waktu kebangkrutan tahun 2011. “Pada tahun 2011 saat saya terpuruk sebagai kontraktor proyek-proyek pemerintah, saya tidak mencari bisnis baru tapi mencari masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengubah kepribadian dengan lebih baik”, paparnya.

Dalam Q.S An-Nisa ayat 100 Allah berfirman “Dan barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di Bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Kami mengajak bagi yang lagi kena kesulitan atau kebangkrutan mari kita bermuhasabah diri ayo berhijrah, bukankah dalam hadits disebutkan, Sesungguhnya jika Engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, Niscaya Allah akan memberi ganti padamu yang lebih baik. (H.R Ahmad)

Awal bisnis sebagai kontraktor plat merah dan saya tinggalkan alhamdulilah Allah hadirkan proyek-proyek pribadi ke pribadi dengan cara baru yaitu bangun rumah-rumah pribadi, Kolam renang, taman tanpa suap, tanpa lelang tanpa rekayasa, tanpa mencari alhamdulillah hasilnya lebih berkah. “Ayo hijrah dan muhasabah, terutama dalam menghadapi Pendemi Corona covid 19 ini banyak-banyak bertobat, dan bersedekah”, ajaknya kepada peserta.

Karena adanya kemauan untuk berhijrah bisnis Dermaga, dermawan masuk surga, sejak keterpurukan tahun 2011, sembilan tahun kemudian sudah membawahi usaha di bidang klinik kesehatan, Kecantikan, properti hingga konveksi.

Dalam menjalankan startegi langit

yaitu dengan cara menolong Agama Allah, sebagaimana tertuang dalam Q.S Muhammad ayat 7 “Jika kamu menolong Agama Allah, Niscaya Dia Allah akan menolongmu dan Allah akan meneguhkan kedudukanmu”.

Dan dalam hadits : “Barang siapa mau membantu seorang mukmin maka Allah akan membantu kesusahannya baik di dunia maupun di akhirat”.

Strategi langit berikutnya adalah memuliakan sepasang bidadari. Siapa sepasang bidadari itu, yaitu pasangan hidup kita dan orang tua. Bagaimana strateginya : Bahagiakan orang tua, Berbaktilah kepada orang tua, Kunjungilah orang tua, Kabarilah setiap saat orang tua kita dan pasangan kita.

Langkah berikutnya yaitu Yakin dengan pertolongan Allah, berbaik sangka dengan Allah, Perbaiki hubungan dengan Allah dengan amalan yang Istiqomah diantaranya : Sholat tepat waktu, Jaga sholat Sunnah (rowatib, Dhuha, tahajud), Dzikir pagi, dan amalkan baca surah Arrohman, Al-waqia, Al-Fath dan Yassin.

Menjelang tidur baca surah Al mulk, dan sebelum tidur maafkan orang-orang dan banyak istiqhfar, serta setiap pagi istiqomah bersedekah.

Strategi Bumi

Selain strategi langit, ada 4 hal yang harus dibuat “ON” dalam menjalankan strategis bumi, yaitu : VisiON, ActiON, PasiON dan ColaboratiON.

Dan jangan lupa untuk tetap membangun support system dalam kehidupan yaitu; Mentor Spiritual, Mentor Bisnis, MasterMind, family Unit, dan Team Work.

Dalam diskusi webiner yang berlangsung selama 2 jam tersebut, juga dilakukan tanya jawab melalui kolom komentar. (vb-01)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.