Hasil Rapid Test, 13 Orang di Kubar Positif

April 14, 2020 by  
Filed under Daerah

SENDAWAR – Dari hasil rilis yang disampaikan Sekdakab Kutai Barat (Kubar) Yacob Tullur menyampaikan, saat ini ada 13 orang yang terdeteksi positif dari hasil rapid tesr.

“Sebelumnya sudah ada 10 orang yang dikarantina. data terbaru ada tambahan satu orang dari Kampung Jambuk, Kecamatan Bongan, dan dua orang dari Kecamatan Melak, Kutai Barat (Kubar),” kata Yacob Tullur di rumah Dinas Bupati Kubar Selasa sore (14/04/2020).

Dikatakan, dari hasil pantauan tim gugus puskesmas yang terindikasi di kampung Jambuk berasal dari kloster Gowa yang positif satu orang, sedangkan yang di Melak dua orang lokal bukan dari kloster Gowa .

“Hasil rapid test covid 19, 13 orang tersebut terdeteksi positif,” Tullur

Dikatakan Yacob Tullur, saat ini pemkab Kubar berkoordinasi dengan camat setempat untuk menjemput pasien yang terindikasi covid 19, dan akan dipastikan nanti dijemput ambulan khusus.

Untuk data terkini jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 196 orang, selesai pemantauan ada 134 orang, sementara dalam proses pemantauan 62 orang.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 8 orang, dari delapan orang ini hasil rapid test terakhir hanya 6 orang yg positif dan 2 orang yg negatif, jadi saat ini masih dalam pemantauan masih 6 orang.

Jumlah Orang Tanpa Gejala ada 9, untuk pelaku perjalanan perhari ini sebanyak 2.523 orang.

Yacob Tullur menuturkan, saat ini masih banyaknya masyarakat Kubar yang keluar daerah, terlihat dari data di bandara Balikpapan.

“Saya berharap dan juga mengimbau masyarakat yang keluar daerah harus jujur, dan pulangnya silahkan memeriksakan diri ke puskesmas terdekat, agar dapat terditeksi sedini mungkin,” ujar Yacob Tullur.

Disampaikan Yacob Tullur seperti yang terdata di bandara Balikpapan kebanyakan yang keluar daerah orang perusahaan, kemungkinan orang yang pulang cuti dari perusahaan.

“Saya mengimbau seluruh perusahaan yg beroperasi di Kubar hendaknya memperketat karyawannya yang melaksanakan cuti, kalau bisa diintruksikan untuk cuti di tempat kepada para karyawannya,” harap Yacob Tullur.

Dijelaskan Yacob Tullur, seperti yang baru saja terjadi di Kecamatan Melak ini, yang terjangkit positif covid 19 melalui Rapid test adalah dua orang lokal, maka dari itu tetap selalu waspada dan rajin rajin cuci tangan dan berjemur, kalau ada yang merasa janggal pada badan silahkan cepat memeriksakan diri ke puskesmas terdekat. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.