Tanoto Foundation Bantu Alat Pemindung Diri bagi Petugas Medis

April 8, 2020 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

Vivaborneo.com, Jakarta  – Kebutuhan akan Alat Pelindung Diri bagi tenaga medis saat merawat pasien Covid-19 sangatlah tinggi. Bahkan masih ada rumah sakit bukan rujukan yang menggunakan baju mantel penahan hujan (jas hujan) berbahan plastik, saat menerima pasien dengan gejala mirip Covid-19.

Dari keprihatinan tersebut, Tanoto Foundation turut berpartisipasi mendukung penanganan wabah Covid -19 di Indonesia dengan menyumbang alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan.

Bantuan APD meliputi 1 juta masker, 1 juta sarung tangan, 3.000 kaca  mata dan 100.000 baju pelindung ICU dan non-ICU. Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19,  Doni Monardo, yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (7/4).

Selanjutnya, Tanoto Foundation bekerja sama dengan BNPB akan mendistribusikan bantuan tersebut ke berbagai rumah sakit di wilayah Jakarta, Medan dan Pekanbaru.

CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo mengatakan bahwa pihaknya terpanggil untuk turun tangan membantu para dokter dan tenaga kesehatan yang berisiko terpapar langsung Covid – 19.

“Di mata kami, kerelaan dan keberanian mereka adalah wujud nyata tindakan kepahlawanan sesungguhnya pada masa-masa sulit ini. Kami yakin bahwa kita bisa menghadapi ini semua. Doa kami untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Satrijo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19, Doni Monardo  mengatakan bahwa APD masih sangat dibutuhkan para tenaga kesehatan di Indonesia. 

“Sumbangan yang diberikan ini merupakan donasi berharga bagi Gugus Tugas, khususnya bagi para tenaga kesehatan. Kami menyadari bahwa tenaga medis yang bekerja menanggulangi penyebaran Covid-19 sangat membutuhkan alat-alat pelindung diri yang memadai sehingga mereka dapat bekerja secara maksimal,” ujarnya.

Partisipasi Tanoto Foundation, organisasi filantropi yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto, bekerja sama dengan RGE Indonesia, kelompok perusahaan manufaktur global berbasis sumber daya alam, terus berupaya mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. 

Data per 6 April 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 telah mendistribusikan lebih dari 12 juta masker bedah dan 380.000 APD gown cover all ke rumah sakit di seluruh Indonesia.(*)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.