Di Kaltim, Sudah 31 Terkonfirmasi Positif Covid-19

April 7, 2020 by  
Filed under Berita

Vivaborneo.com, Samarinda — Dari hasil perkembangan Covid-19 di Kaltim pada, Senin, 6 April 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 4.631 orang. ODP yang selesai pemantauan sebanyak 2238 orang dan yang sedang Dalam Proses Pemantauan sebanyak 2393 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 228 kasus, sedangkan hasil negatif sebanyak 137 kasus, terkonfirmasi positif sebanyak 31 orang dan menunggu hasil laboratorium sebanyak 60 orang.

Rilis ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat penyampaian rilis harian perkembangan Covid-19 melalui aplikasi di Samarinda, Senin (6/4).

“Dengan hasil ini, penyerbaran virus Corona atau Covid-19 di Kaltim masih sangat memprihatinkan dan mulai membahayakan. Pentingnya menjaga jarak dan mematuhi imbauan untuk dirumah saja,” ujarnya.

Andi menjelaskan penambahan pasien positif Covid-19 sebanayk empat orang dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan dua orang berasal dari Kota Balikpapan.

Empat orang positif dari PPU karena turut hadir pada acara Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, dalam rangka Tabliq Ijtima Zona Asia pada pertengahan Maret lalu. Selain empat orang ini, yang juga terkonfirmasi positif pasa Senin, 5 April 2020 adalah dua orang warga Kota Balikpapan.

Sementara itu empat orang terkonfirmasi positif Covid-19 di PPU adalah para peserta Ijtima Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, 19-22 Maret lalu. Sebelumnya, yang telah ditetapkan sebagai pasien positif adalah warga PPU berkode PPU-1 yang juga telah melakukan perjalanan ke Gowa, Sulsel.

Perjalanan dilakukan secara bersama-sama oleh tiga orang yaitu pasien berkode PPU-2, laki-laki berusia 16 tahun, PPU-3 laki-laki berusia 17 tahun dan PPU-4 laki-laki berusia 19 tahun.

“Namun keterikatan semua psien asal PPU ini pergi tidak bersamaan dan pulangnya juga berbeda hari. Pasien positif adalah hasil tracing kita terhadap pasien PPU-1,” jelas Andi.(YA)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.