Bupati Kutai Timur Keluarkan Edaran Pandemic COVID-19

March 24, 2020 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA- Gerak cepat dilakukan oleh Pemkab Kutai Timur (Pemkb Kutim) untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 agar tak semakin meluas. Per 23 Maret 2020, Ismunandar kembali mengeluarkan surat edaran (SE) Bupati Kutim Nomor 180j16jHK.PUUjIIlj2020 tentang telah ditetapkannya COVID-19 sebagai pandemic global oleh WHO, yang ditujukan kepada seluruh pimpinan perusahaan se-Kutim.

Bupati Kutim Ismunandar, didampingi Sekda Irawansyah, Kadis Kesehatan dr Bahrani dan sejumlah pejabat ketika menggelar jumpa pers.

Dalam edaran yang sudah ditanda tangani oleh Bupati Ismunandar tersebut terdapat 6 poin penting untuk ditindak lanjuti. Yaitu seluruh perusahaan yang beroperasi di Kutim diimbau meningkatkan kewaspadaan diri dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), poin kedua yaitu seluruh pimpinan perusahaan agar segera melaporkan apabila mengetahui karyawannya yang pulang dari perjalanan luar negeri dan tempat lain yang terjangkit COVID-19 ke Call Center dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim. Selanjutnya menghentikan sementara berbagai kegiatan perusahaan atau pihak lain yang melibatkan massa.

“Dari ketiga poin diatas, saya minta perusahaan bisa mematuhi edaran ini, sebagai langkah konkret antisipasi penyebaran, sekaligus memutus rantai COVID-19 agar Kutim tetap aman dan sehat,” jelasnya saat menggelar jumpa pers di ruang Tempudau Sangatta-Kutai Timur, Selasa (24/3/2020).

Berikutnya di poin keempat, Ismu mengintruksikan kepada seluruh pimpinan perusahaan agar dapat berperan aktif mengarahkan program Corporate Social Responsibility (CSR) Tahun 2020 untuk membantu Pemerintah Daerah melalui Satgas COVID-19 (Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim. Dalam bentuk bantuan berupa Penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti Masker, hand sanitizer dan tempat pencucian tangan menggunakan sabun ditempat terbuka.

“CSR dari masing-masing perusahaan di Kutim bisa membantu penanggulangan COVID-19 dalam mendukung upaya Pemkab mengatasi wabah COVID-19,” tuturnya.

Di poin kelima diimbau kepada perusahaan untuk melengkapi para karyawannya dengan APD dari bahaya Virus COVID-19. Apabila ada perusahaan menemukan kasus COVID-19 dilingkungannya, agar segera menghubungi Call Center di nomor hotline Lelly (081347391313) dan Yusuf (08125511712). (*/hm13)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.