Semarak Aruh Ganal Banjar, KBBKT Diminta Genjot Pembangunan Daerah

March 14, 2020 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA-Malam pembukaan Aruh Ganal (kegiatan besar) gelaran Pengurus Wilayah (PW) Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) dipadati warga suku Banjar dari berbagai kota, tidak hanya dari Samarinda namun juga dari Balikpapan, Tenggarong, Bontang, dan Sangatta yang dipusatkan di area Lapangan GOR Segiri, Jumat (13/3/2020) malam.

Aruh Ganal langsung dibuka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie, Wakil Ketua DPD RI Mahyudin, Presiden Banjar Sedunia Rudi Arifin, Ketua Umum KBBKT Ismunandar, dan Ketua Panitia Aruh Ganal Hamdani.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum KBBKT Ismunandar dalam sambutannya meminta bubuhan banjar bersama-sama berkiprah dalam pembangunan di Kaltim.

“Keterlibatan warga pendatang dan menjadi etnis asli Kaltim dan Kalsel ini ikut terlibat dalam memajukan daerah. Kemajuan dan kesejahteraan tidak mungkin terwujud tanpa keterlibatan warga Banjar. Urang Banjar senantiasa terus meningkatkan semangat persatuan, solidaritas dan kebersamaan di dalam lingkungan pergaulan di dalam masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengungkapkan Aruh Ganal tentunya menjadi wadah menjaga kekompakan antara bubuan banjar di Kaltim maupun Kalsel yang bersinergi dengan visi misi Kaltim berdaulat.

“Jadilah KKBKT yang berdaulat seperti Kaltim berdaulat, ciptakan visi misi pemersatu orang banjar di Kaltim maupun nusantara dan buatlah kenyamanan dalam wadah bersama mempermudah komunikasi dalam segala hal, terutama dalam memberikan peran disetiap daerah dan menciptakan program yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan KBBKT sendiri. Semangat pembangunan harus senantiasa dibangun dalam tubuh KBBKT,” paparnya.

Senada, Presiden Banjar Sedunia Rudi Arifin juga berpesan Aruh Ganal dijadikan tempat pererat tali silaturahmi antar bubuhan banjar seperjuangan yang tentunya dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dan menyebarkan informasi berita-berita kegiatan KBBKT dimanapun.

“Tujuannya Aruh Ganal KBBKT ingin membuktikan orang banjar sangat peduli sosial dan menjaga adat dan kebudayaan serta adab (akhlak), sehingga dapat memberikan pendidikan kepada generasi muda khususnya suku banjar agar melestarikan budaya banjar di tengah kemajuan teknologi,” tutupnya. (*/hm13)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.