Mantan Gubernur NTT Niat Kembangkan Kedelai di Kaltim

March 14, 2020 by  
Filed under Agrobisnis

Samarinda – Mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya tertarik berinvestasi dan mengembangan kacang kedelai di Kecamatan Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pihak investor asal NTT ini ingin mengembangkan kawasan budidaya tanaman kacang kedelai.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Dadang Sudarya mengatakan, pihak investor yang nantinya akan menanam kedelai di Kaltim dengan luas wilayah 47 ribu hektar, bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Kukar, Kaltim

“Sebenarnya ijinya untuk Hutan Tanaman Industri (HTI), karena kondisinya tidak memungkinkan dalam penanaman karet, maka dari itu rencannya akan dimanfaatkan untuk tanaman kacang kedelai,” jelasnya

Dikatakan, pada prinsipnya Gubernur Kaltim sudah setuju dan pihaknya mengaminkan serta mendorong hal itu. Terkait kapan dimulainya itu tergantung investor dan perusahaan.

“Dinas hanya mendorong aja dalam hal ini, ada kendala hanya ada persoalan di sumber daya manusia dan ketika misalkanmereka memerlukan bantuan alat kami memiliki alat traktor-traktor dinas mungkin nantinya akan ikut membantu,” ungkapnya

Dia menambahkan, untuk lahan mereka sudah siap dan untuk tempat pastinya 47 ribuHektar tersebut berada di Kembang Janggut Kukar.

Kedatangan investor mantan Gubernur NTT bersilaturahmi dengan Gubernur Kaltim, ditemani Plt Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Dadang Sudarya. (man)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.