Dilantik di Jakarta, Kepengurusan FKPT Kaltim Periode 2020-2022

February 27, 2020 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

Jakarta, Vivaborneo.com, Hasil penelitian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tahun 2019 menyatakan lima provinsi di Indonesia yang rawan terhadap radikalisme dan terorisme yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat dan Jawa Timur.

Pengurus FKPT Kaltim periode 2020-2022, foto bersama dengan Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius (depan tengah) dan jajaran BNPT

Hal ini dikatakan oleh Kepala BNPT Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Suhardi Alius, saat Rapat Kerja Nasional VII Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Senin malam (17/2).

“Rakernas ini juga bertujuan untuk deteksi dini bagi 32 FKPT di seluruh Indonesia, untuk meningkatkan kapasitas diri dalam menangkal radikalisme dan terorisme dengan membangun kualitas diri di unit terkecil, yaitu keluarga,” ujarnya.

Suhardi Alius menegaskan, peran pemerintah daerah dalam pencegahan munculnya faham radikalisme masih perlu ditingkatkan. Pentingnya dukungan pemerintah daerah ini untuk memberikan dukungan bagi menangkal kegiatan radikalisme di daerah.

“Jangan sampai ketika sudah kejadian, baru pemerintah daerah ribut dan panik. Menurut saya dukungan pemerintah daerah masih perlu lebih ditingkatkan,” tegasnya.

Dalam Rakernas FKPT tahun 2020 di Jakarta, juga dilangsungkan pelantikan secara serentak pengurus FKPT di 32 provinsi di Indonesia, termasuk kepengurusan FKPT Kaltim periode 2020-2022. Pelantikan dilakukan langsung oleh Kepala BNPT Suhardi Alius didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo.

Kepengurusan Kaltim periode 2020-2022 dipimpin oleh H. Ahmad Jubaidi, S. Sos, Msi dengan beberpa bidang yaitu Bidang Agama, Sosial dan Budaya  dijabat oleh Mulyadi Mugheni, S.Ag, Bidang Hukum, Media Massa, Hukum dan Humas di Jabat oleh Yuliawan Andrianto, Bidang Pendidikan dan Pemuda dijabat oleh DR Sudirman, MSi, Bidang Perempuan dan Anak dijabat oleh Siti Rahmah, M.Pd, dan Bidang Pengkajian dan Penelitian dijabat oleh DR Zamroni, M.Pd. Kepengurusan di daerah juga dibantu oleh beberapa satgas dan bendahara.

Ketua FKPT Kaltim periode 2020-2021, H Ahmad Jubaidi.

Ketua FKPT Kaltim periode 2020-2022 Ahmad Jubaidi berharap kepengurusan FKPT Kaltim 2020-2022 dapat bermitra dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, untuk mewujudkan Kaltim yang aman, damai dan sejahtera, sesuai dengan semboyan “Kaltim Berani Berdaulat”.

Menurutnya, walau tidak menempatkan Provinsi Kaltim dalam lima besar kerawanan, namun Kaltim tetap harus waspada akan munculnya ancaman radikalisme dan terorisme.

“Tugas pencegahan faham radikalisme ini bukan saja tugas FKPT sebagai lembaga koordinasi, tetapi juga tugas seluruh masyarakat Kaltim, terutama di dalam keluarga dan lingkungan kerja. Kami berharap mendaptkan dukungan semua pihak agar FKPT Kaltim dapat menjalankan program-progarm yang telah disusun dengan baik selama dua tahun ke depan,” harap Ahmad Jubaidi.(YUL)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.