Distan Populerkan Makanan Non Beras

July 22, 2010 by  
Filed under Kuliner

TENGGARONG-vivaborneo.com, Untuk memasyarakatkan masakan non beras (tanpa bahan dasar beras), Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Distan) Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu lalu diakhir pelaksanaan Erau menggelar Festival Kuliner Non Beras di tepian sungai Tenggarong Jl Mayjend Sutoyo.

Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf saat mencicipi makanan berbahan dasar non beras yang ditampilkan Distan Kukar

Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf saat mencicipi makanan berbahan dasar non beras yang ditampilkan Distan Kukar

Plt Kepala Distan Kukar H Hermawan Darus mengatakan kegiatan itu juga bertujuan untuk mempopulerkan tanaman pangan selain padi pada petani dan masyarakat.

“Yang pasti jika diolah secara sehat, makanan non beras ini sehat dan non kolesterol. Dan rasanya juga tak kalah dengan makanan lainnya,” ujarnya.

Pada acara itu Distan menampilkan berbagai masakan non beras diantaranya pisang rebus, jagung rebus, kacang rebus, gethuk, ubi rebus,kolak pisang, dan podang pisang.

Sementara itu Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf yang hadir pada acara itu mengimbau kepada masyarakat untuk menyajikan masakan berbahan dasar tanaman lokal yang juga ditanam oleh petani lokal.

“Dengan menggunakan bahan dasar lokal dalam masakan, berarti kita membantu para petani Kukar untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” ungkap Ghufron.

Ghufron juga mengatakan bahwa tak hanya alam, budaya dan tempat-tempat bersejarah yang bisa dijadikan daya tarik pariwisata. Namun, akhir-akhir ini Kuliner juga kerap menjadi alasan wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah.

Untuk itu Ghufron mengajak mempromosikan terobosan baru dalam bidang Pariwisata Kukar, yaitu melalui wisata kuliner. Mengingat Kutai sendiri memeliliki berbagai masakan yang khas. (vb/heru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.