14 Hotel Terima Sertifikat Hotel Berbintang

July 20, 2010 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – vivaborneo.com – Klasifikasi hotel berbintang di Kota Samarinda dan Balikpapan terus meningkat pesat seiring dengan membaiknya iklim usaha dan pariwisata di Kaltim. Jumlah hotel berbintang meningkat dua kali lipat dari tujuh buah pada tahun 2005 meningkat menjadi 14 buah pada 2010. Demikian laporan Ketua Tim Penilai Klasifikasi Penggolongan Kelas Hotel Kaltim, Firminus Kunum dalam acara Penyerahan Sertifikat Hotel Berbintang di Kota Samarinda dan Balikpapan yang berlangsung di Hotel Aston Samarinda, Senin malam (19/7)

Empat belas hotel berbintang yang mendapat sertifikat, delapan buah berada di Samarinda dan enam buah berada di Balikpapan.  Di Samarinda, Hotel Bumi Senyiur mendapatkan reklasifikasi Bintang Empat, Hotel Aston Samarinda dan Hotel Grand Sawit Klasifikasi Bintang Empat. Hotel Mesra Business and Resort  dan SwissBell Hotel mendapatkan reklasifikasi naik dari Bintang Tiga ke Bintang Empat. Hotel Grand Victoria reklasifikasi Bintang Empat, Hotel Diamond juga mendapat reklasifikasi Bintang Dua dan Hotel MJ naik dari Bintang Satu ke Bintang Dua.

Sementara itu, di Balikappan Hotel Le Grandeur reklasifikasi Bintang Empat, Hotel Menara Bahtera kalsifikasi Bintang Empat, Grand Tiga Mustika reklasifikasi naik dari Bintang Tiga ke Bintang Empat, Hotel Mega Lestari klasifikasi Bintang Tiga, Hotel Mirama reklasifikasi dari Bintang Dua ke Bintang Tiga dan Hotel Mutiara Indah mendapatkan klasifikasi Bintang Dua.

“Disamping peilaian klasifikasi ini, Tim  verifikasi juga telah memeriksa persyaratan dasar sepuluh hotel di Balikpapan dan enam hotel di Kota Tarakan untuk mendapatkan sertifikat penggolongan kelas berbintang ataupun melati yang berupa reklasifikasi maupun klasifikasi baru,” ujarnya.

Gubernur Kaltim dalam hal ini diwakili Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy usai memberikan sertifikat dalam sambutannya mengatakan bahwa pengklasifikasian ini dimaksudkan untuk menentukan tingkat fasilitas hotel, gambaran produk hotel maupun tingkat pelayanan hotel, menciptakan pengusahaan hotel yang bertanggung jawab, serta untuk memberikan perlindungan bagi konsumen, masyarakat dan lingkungan.

“Hotel sangat diperlukan untuk menunjang semakin pesatnya perkembangan dunia usaha dan kepariwisataan di Kaltim. Sebagai daerah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Tengah dan Timur, Kaltim mendapat perhatian dari para investor dan para pebisnis di berbagai bidang usaha,” ujarnya.(vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.