Banjir Mulai Landa Kampung di Muara Lawa

February 13, 2020 by  
Filed under Serba-Serbi

SENDAWAR – Musim penghujan telah tiba. Kebiasaan masyarakat yang berada di bibir Sungai Kedang Pahu di musim hujan selalu bersiap – siap menyambut banjir. Seperti halnya di Kecamatan Muara Lawa, Kutai Barat (Kubar), dari delapan kampung, hanya dua kampung tidak terendam banjir. Enam kampung sudah mulai terndam banjir.

“Sudah dua hari ini kampung kami sudah mulai kebanjiran,” kata Kepala Sekolah Adat Rafi melalui telepon selulernya kepada media ini Rabu (12/2/2020).

Dikatakan Rafi, setiap banjir datang pasti kampungnya paling duluan terendam dan paling dalam.

Rafi menuturkan, dua hari ini air naik semakin hari semakin tinggi. Pada hari kedua ini air sudah mencapai selutut, atau sepinggang anak-anak.

“Mudah – mudahan jangan hujan deras dulu pak sehari dua hari ini, biar airnya tidak tambah besar,” ungkapnya.

Rafi berharap banjir cepat surut, dan masyarakatpun kembali beraktivitas seperti semula. Pemerintah dan pihak terkait dapat mengontrol serta menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

Sementara itu Camat Muara Lawa, Suhaimi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler membenarkan adanya banjir yang sudah mulai melanda beberapa kampung di kecamatannya.

“Pantauan kami sudah ada enam kampung yang sudah terendam banjir di Kecamatan Muara Lawa ini,” ujarnya.

Suhaimi menjelaskan, ampung yang terendam banjir yaitu Muara Lawa, Benggeris, Payang, Lambing, Cempedas dan Dingin. Banjir disebabkan hujan yang terus menerus beberapa hari terakhir. Akan tetapi masyarakat yang berada di bibir Sungai Kedang Pahu sudah terbiasa dengan datangnya banjir.

“Saya mengimbau kepada masyarakat khususnya Kecamatan Muara Lawa agar selalu waspada,” tandasnya. (arf).

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.