Bangun Kemandirian Warga Lewat Kelompok Informasi Masyarakat

January 21, 2020 by  
Filed under Kutai Kartanegara

LOA JANAN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kutai Kartanegara bersama Pemerintahan Desa Loa Duri Ulu menggelar diskusi terkait pemanfaatan informasi untuk mendorong kemandirian warga dan kemajuan Desa yang berlangsung di gedung pertemuan Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara. Senin (20/1/2020)

Diskusi ini menghadirkan puluhan masyarakat Desa Loa Duri Ulu dengan membahas pemberdayaan masyarakat melalui Program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara.

“KIM dapat mengambil peran guna mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi. Selain itu memberdayakan masyarakat melalui interaksi anggotanya sehingga dapat memilah informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat dan bangsa,” jelas Ahmad Rianto, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kukar saat memaparkan program KIM kepada masyarakat.

Imam salah satu pengagas kegiatan ini yang juga merupakan mahasiswa unikarta menuturkan bahwa ia bersyukur dapat memahami KIM, melalui kegiatan diskusi tanpa anggaran khusus ini ia dan masyarakat bisa memahami benar, bahwa ternyata peran KIM sangat luas terutama dengan mengemas informasi untuk mendorong kemajuan desa.

“Peran KIM ternyata sangat luas dalam pemanfaatan dan pengelolaan informasi menjadi hal – hal yang produktif yang berdampak nilai ekonomis,” kata Imam.

Sementara itu Maisyiah Sekretaris Desa Loa Duri Ulu berharap di desanya bisa segera terbentuk beberapa KIM sesuai dengan karakter kelompok, guna berperan aktif bersama untuk kemajuan desa.

“Saya harap beberapa KIM bisa segera terbentuk sesuai dengan karater kelompok, yang diisi dari kalangan pemuda atau kaum millennial agar dapat membantu kami mengangkat potensi produk UKM dan potensi wisata melalui pengelolaan informasi yang tepat,” kata Maisyiah

KIM dibentuk berdasarkan peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI tentang pedoman pengembangan dan pemberdayaan lembaga komunikasi sosial yang ditetapkan pada tanggal 1 Juni 2010 yang lalu, keberadaan KIM sebagai mitra pemerintah, bisa mengakomodir permohonan dari masyarakat yang akan disampaikan ke pemerintah. Keberadaan KIM diharapkan memegang peranan penting untuk kemajuan wilayah, terlebih Desa Loa Duri Ulu, berada di Kecamatan Loa Janan yang merupakan salah satu daerah penyangga Ibu Kota Negara yang baru. (alb)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.