ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Semenisasi Kampung Mendika Berdayakan Masyarakat

January 17, 2020 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

SENDAWAR – Pelaksanaan semenisasi infrastruktur jalan yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Dana Kampung (ADK), di Kampung Mendika, Kecamatan Damai, Kutai Barat (Kubar) memberdayakan masyarakat kampung setempat.

Sekretaris Desa (Sekdes) Kampung Mendika, Bambang Sumarijono mengatakan pekerjaan semenisasi yang bersumber dari ADD dalam kampung ini anggaran tahun 2019.

“Kami baru bisa bekerja pertengahan Desember 2019 karena dana ADD baru turun di pertengahan Desember 2019. Pekerjaan ini baru bisa kita selesaikan di Januari 2020 ini,” kata Bambang yang ditemui saat mengawasi pekerja,Kamis (16/1/2020).

Bambang menuturkan, pekerjaan semenisasi dengan panjang 410 meter, lebar 3 meter, dan tebal 15 cm, total nilai pekerjaan Rp. 415.215.000 melibatkan pekerja masyarakat dua RT di Kampung Mendika. Jumlah pekerja sebanyak 15 orang, terdiri dari para pemuda dan semua masyarakat miskin di kampung Mendika.

“Saya memberdayakan semua masyarakat dikampung, karena ADD dan ADK pekerjaan swakelola, jadi kita harus memberdayakan masyarakat setempat,” ujarnya.

Sementara kepala pekerja Yulius Muntol saat di temui disela–sela kerjanya menyampaikan, pekerjaan baik ADD maupun ADK yang ada di kampung semuanya melibatkan masyarakat kampung.

“Kami yang mengerjakan semua semenisasi di kampung ini, mulai dari awal hingga selesai,” kata Yulius Muntol.

Ia mengatakan, saat ini ada sekitar 15 orang yang ikut bekerja, kurang lebih empat atau lima hari lagi pekerjaan ini selesai, hanya kurang 50 meter saja.

“Kami para pekerja di bayar harian dengan upah Rp. 175 ribu perhari, dan kepala kerjanya Rp. 185 ribu,” ujar Yulius M.

Dikatakan, Total pembayaran pekerjaan semenisasi ini mulai dari awal hingga selesai Rp. 121 juta. Semua itu sudah sesuai dengan ketentuan dalam aturan ADD maupun ADK untuk masyarakat yang bekerja 30 persen dari nilai pekerjaan.

“Kami sangat berterimakasih kepada aparatur kampung yang sudah memberdayakan masyarakat dalam pembangunan di kampung ini,” tandasnya. (arf).


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.