Pemkab Kutim Segera Bangun RS Pratama dan Puskesmas

January 9, 2020 by  
Filed under Kesehatan

SANGATTA – Demi meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemkab Kutim Melalui Dinas Kesehatan tahun ini akan membangun satu Rumah Sakit (RS) Pratama dan empat Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di beberapa Kecamatan di Kutim.

Kepala Dinas Kesehatan Kutim Bahrani

Pembangunan sarana kesehatan tersebut dibangun bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat, Benkeu dan APBD menelan anggaran kurang lebih Rp 20,6 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kutim Bahrani mengungkapkan, anggaran tersebut digunakan untuk membangun RS Pratama di Kecamatan Muara Bengkal, Puskesmas Wahau 1,Puskesmas Karangan, Puskesmas Sandaran dan Puskesmas Spaso di Kecamatan Bengalon.

“Untuk RSUD Pratama, penganggarannya masih tahap awal sekitar Rp 5 miliar bersumber dari dana APBD. Digunakan untuk pembangunan gedung dan pembayaran lahan, belum termasuk kelengkapan fasilitas rumah sakit,” jelas Bahrani .

Selanjutnya, mantan Direktur RSUD Kudungga ini menjelaskan, rincian sumber dana pembangunan 4 Puskesmas dimaksud, yaitu pembangunan Puskesmas Wahau 1 dan Karangan bersumber dari dana DAK masing-masing mendapatkan kucuran dana Rp 5 miliar.

“Kemudian Puskesmas Sandaran dibangun dari dana Benkeu sebesar Rp 1,6 miliar. Sedangkan, Puskesmas Sepaso dibangun dari dana APBD sebesar 4,2 miliar,” sebut Bahrani. (*/hm10)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.