Ayo, Cari Tahu Daerah Rawan Pangan

November 9, 2019 by  
Filed under Agrobisnis

Samarinda- Peta ketahanan dan kerentanan pangan telah di launching oleh Dinas Pangan Tanaman Pangan dan hortikultura (DP TPH) Kaltim, Peta tersebut merupakan peta tematik yang menggambarkan visualisasi geografis daerah yang tahan dan daerah yang rentan pangan.

“Ada tiga aspek ketahanan pangan yaitu ketersediaan ketahanan pangan, akses pangan dan pemanfaat pangan,” kata Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DP TPH Kaltim, Rini Susilawati.

Sistem Informasi Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (SIPKKP) tersebut ditunjang dengan adanya website DP THP yaitu sipkkp.kaltimprov.go.id. Layanan ini untuk menguatkan peta ketahanan dan kerentanan pangan.

“Informasi dalam sipkkp ini berisi informasi peta ketahanan dan kerentanan pangan kaltim,” ujarnya lagi

Secara individu, peta tematik geografis menunjukkn 103 Kecamatan di kaltim termasuk prioritas rentan rawan pangan. Peta menunjukkan gradasi warna hijau dan merah. Semakin merah atau semakin hijau artinya semakin tahan atau rentan. Dia menghimbau untuk gotong royong untuk menuntaskan persoalan yang ada.

“Ayo, kita gempur bersama agar bisa menuju warna hijau dan gradasinya. Dan ayo singgah di website agar mengetahui daerah yang rentan dan tahan pangan,” pungkasnya (man)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.