Dinas Pangan TPH Kaltim Ikut Ramaikan HPS Ke 39 di Sultra

November 7, 2019 by  
Filed under Agrobisnis

Samarinda – Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pemanfaatan sumber daya lokal untuk mewujudkan keanekaragaman keluarga. Upaya ini menjadi fokus agenda dalam peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXIX 2019 yang dihelat di Kendari, Sultra, 1 hingga 5 November.

HPS mengangkat Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045 ini memamerkan produk-produk dan teknologi pangan unggulan dari seluruh daerah Indonesia. Pameran HPS dimulai tanggal 2 hinga 5 November.

Pemprov Kaltim melalui Dinas Pangan, TPH pun ikut dalam ajang tahunan tersebut. Mulai dari acara seminar nasional, pameran, Festival pangan local Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Pangan, TPH Kaltim, Rini Susilawati kepada vivaborneo.com mengatakan, setiap tahun kegiatan rutin dilaksanakan memperingati hari lahirnya Food and Agriculture Organization (FAO). Berbagai lomba digelar seperti menu lunch box B2SA n produk olahan pangan lokal-sumber karbo dan protein

Penilaian berdasarkan cluster sagu, serealia dan umbi-umbian. Kaltim dengan makanan pokok sumber karbonnya, singkong. Sedangkan Untuk produk olahan pangan lokal menampilkan produk olahan pemenang tingkat Provinsi, yaitu kripik pisang dari Berau dan lapis singkong serta dari Balikpapan dodol pisnas (paduan buah-buahan lokal).

“Kaltim mendapatkan apresiasi penghargaan kreasi menu lunch box. Untuk Festival Pangan Lokal (FPL), diwakili Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan, pemenang FPL tingkat Provinsi” ujar Rini

Selain itu juga, menerima tropy pelaksana KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dari Badan Ketahanan Pangan Kementan. Untuk pameran mencakup 3 stand berukuran 3×9 m2. Sinergi dari perangkat daerah lingkup pertanian/pangan provinsi dan 10 Dinas Pangan kabupaten /kota se Kaltim. berupa tampilan dan suguhan produk-produk olahan pangan yang komersil,n pemandu stand.

“Untuk pameran, dukungan dan sumbangan produk dari Dinas Pangan kabupaten/kota dan PKK Kubar. Beberapa Kadis Pangan kabupaten/kota juga hadir yaitu Samarinda, Kukar, PPU, Balikpapan dan Paser,” jelasnya. (man)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.