ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Posyandu Kasih Bunda Wakili Kaltim ke Nasional

November 5, 2019 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Share this news

Tenggarong – Posyandu Kasih Bunda Desa Prangat Selatan, Kecamatan Muarangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mewakili Kaltim ke tingkat nasional. Posyandu ini masuk 6 nominator pengelolaan Posyandu terbaik untuk award Program Inovasi Desa (PID) tingkat nasional.

Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) bersama Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim telah melakukan proses verifikasi dan klarifikasi lapangan, Senin, (04/11/2019). Verifikasi ini untuk membuktikan kebenaran tentang kondisi Posyandu tersebut, sekaligus untuk menuju 3 besar tingkat nasional.

Sri Astuti ketua Posyandu Kasih Bunda kepada vivaborneo.com mengatakan, posyandu menjadi salah satu kebutuhan sarana masyarakat untuk pencapaian keluarga sadar gizi, membantu angka kelahiran,mencegah kematian ibu dan bayi.

“Kami kaget bisa masuk 6 besar nasional. Dan kalau pun kami tidak bisa masuk 3 besar tidak masalah yang penting pelayanan tetap kami lakukan agar kedepan ada generasi anak-anak jujur, sholeh dan berbakti kepada orang tuanya disini nantinya,” katanya.

Sebelumnya pihaknya belajar mengenai inovasi posyandu dari Semarang dan Jogja, dari sana awal bisa mengetahui berbagai inovasi dan menerapkan di Posyandu Kasih Bunda. Dan tanpa diduga pihaknya menang ditingkat Provinsi Kaltim dan berlanjut memawaki Kaltim ke nasional.

Sementara itu, Konsultan Nasional Program Inovasi Desa Kementrian Desa PDTT Riza Surya Kusuma mengapresiasi posyandu Kasih Bunda yang memiliki semangat yang luar biasa dalam melakukan pengelolaan posyandu di desa Perangat Selatan dengan berbagai macam upaya yang telah dilakukan sampai dengan saat ini.

“Posyandu kasih bunda memiliki kader yang handal dan memiliki semangat yang tinggi dan semoga dapat menjaga semangatnya, konsistensi dalam hal pelayanan dan terus meningkatkan inovasi yang telah dilakukanya untuk menunjang keberhasilan bersama. Dan semoga posyandu kasih bunda dapat menembus 3 besar di tingkat nasional,” ujar Riza Surya Kusuma

Hal senada juga disampaikan Andi Muajhid Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) Kaltim, diluar dugaan posyandu Kasih Bunda yang berada di desa Perangat Selatan Masuk di 6 besar level nasional mewakili provinsi Kaltim, dan besar harapanya posyandu kasih bunda dapat menjadi yang terbaik dan minimal masuk di tiga besar untuk mengharumkan nama Kabupaten Kukar dan Propinsi Kaltim pada umumnya.

“Pada Program inovasi Desa yang di gelar oleh kementrian Desa, sehingga dapat menjadi contoh bagi pelayanan posyandu di provinsi Kaltim secara khususnya dan nasional secara umumnya,” pungkasnya (man)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.