ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemukulan Gong Tandai Festival Hudoq Cross Border

October 25, 2019 by  
Filed under Wisata

Share this news

MAHULU – Pemukulan gong oleh Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh menandai dimulainya Festival Hudoq Cross Border 2019 di Lapangan Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kamis sore (24/10/2019).

Bonifasius menceritakan falsafah dan history dari ritual budaya Hudoq adalah hasil cipta karsa para leluhur etnis Dayak yang diwariskan secara turun temurun hingga saat ini. Tujuannya agar seluruh warga etnis Dayak tetap memiliki ikatan bathin dengan budaya dasarnya.

Dikatakan Bonifasius BG, manusia dari satu etnis akan berintraksi dengan etnis lainnya dalam bingkai kemasyarakatan yang bersifat kulturalisme. Oleh sebab itu para leluhur menciptakan berbagai jenis tradisi dan budaya yang dirajut dari unsur – unsur kearifan lokal.

“Kita sebagai penerus harus memiliki pegangan dalam bentuk falsafah hidup yang kukuh,” kata Bonifasius BG.

Bonifasius BG menjelaskan bahwa kearifan lokal mengandung dua unsur utama, yaitu akur kedalam dan siap bekerjasama dengan komunitas yang berasal dari kultur yang lain, dalam bingkai NKRI sekarang ini.

“Dayak ini bisa kita katakan identik dengan semangat kebersamaan dan kesiapan dalam menyongsong masa depan bersama semua etnis lain yang ada di nusantara ini,” ujarnya.

Bonifasius BG menjelaskan makna dari ritual persembahan dan permohonan umat manusia kepada para dewa yang dipercaya memiliki kuasa mengatur tanaman padi, agar padi yang ditanam dapat tumbuh dan subur, dengan memberi hasil yang melimpah kepada pemiliknya. (arf)

 


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.