ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Walikota Samarinda Bangga Dengan Pagelaran Hudoq Cross Border

October 25, 2019 by  
Filed under Wisata

Share this news

MAHULU – Walikota Samarinda Syaharie Jaang , sebagai putra daerah asli Kabupaten Mahulu dia sangat bangga dengan pagelaran Hudoq Cross Border yang setiap tahun dilaksanakan oleh Pemkab Mahulu dengan melibatkan 5 kecamatan se-Mahulu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh, dalam hal ini saya diundang sebagai tamu,” kata Syaharie Jaang, Kamis (24/10/2019).

Dalam kesempatan itu Jaang juga menyempatkan diri ikut menari Hudoq bersama Bupati Bonifasius di lapangan Ujoh Bilang. Tak ketinggalan Ketua DPRD Novita Bulan, Wabup Y. Juan Jenau, Sekdakab Yohanes Avun dan para pimpinan OPD dilingkup Pemkab Mahulu, serta para anggota DPRD Mahulu dan sejumlah pejabat teras dan pimpinan serta perwakilan instansi vertikal di Kubar dan Mahulu.

Dia menjelaskan, disisi lain bahwa dia memang orang Mahakam Ulu, dari kecil senangnya memang tari Hudoq, terutama yang paling senang saat membunyikan gong, seperti yang baru saja dilakukan oleh bupati saat pembukaan Festival Cross Border yang baru saja dilaksanakan.

“ Tadi waktu pembukaan Bupati memukul tambunnya dan saya yang pukul gongnya,” ujarnya.

Syaharie Jaang mengingatkan bahwa seni dan budaya adalah jati diri bangsa yang harus dilestarikan, dengan harapan anak muda Mahulu dapat terus belajar dan latihan sehingga dari generasi ke generasi kaum mudanya bisa tampil.

“ Saya tidak mau pemuda Mahulu terlibat dengan narkoba,” pesannya.

Ketika orang tua para pakar Hudoq sudah tidak ada lagi, kaum mudalah yang siap menggatikan agar tidak terjadi kekosongan , seperti tarian Hudoq ini sangat khas sekali seperti hidung mancung yang dari kayu dengan daun pisang itu dari Dayak Bahau, sebenarnya Dayak ini rumpunya begitu banyak.

Dengan harapan tarian Hudoq ini sudah dipelajari di sekolah – sekolah dan dapat dilestarikan. (arf).

 


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.