IAIN Samarinda Luluskan 461 Sarjana

October 17, 2019 by  
Filed under Serba-Serbi

Samarinda-IAIN Samarinda kembali menggelar Rapat Senat Terbuka Wisuda Magister (S2) dan Sarjana (S1) Serta Dies Natalis Ke-5 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Rapat senat terbuka yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Kampus 2 IAIN Samarinda Jl.H.A.M Rifaddin, Kamis (17/10/19).

Pada tahun 2019 ini, IAIN Samarinda melepas lulusan sebanyak 461 orang yang terdiri dari lulusan program sarjana (S1) sebanyak 337 orang dan program Magister (S2) sebanyak 84 orang

Dalam gelar wisudawan/wisudawati program sarjana (S.1) XXXI dan Magister (S.2) VII serta pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag.

Dalam orasi ilmiahnya,Prof. Dr. Phill. H. Kamaruddin Amin, M.Ag. selaku Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI mengatakan mahasiswa diharapkan dapat memiliki literasi dibidang sosial dan budaya mampu memiliki kemampuan berkolaborasi sebagai bagian dari kompetensi yang dimiliki untuk bekerja sama, bisa membangun tim yang kuat, serta memiliki karakter dan kreativitas.

“Mahasiswa PTKIN harus mampu memiliki literasi dibidang sosial budaya sebagai bekal untuk berkompetisi di era millennial ini” ungkapnya

Lanjutnya, lembaga pendidikan Islam khususnya PTKIN Seluruh Indonesia telah berkontribusi secara fundamental untuk menciptakan Indonesia sebagai negara muslim terbesar didunia yang berdemokrasi. Maka dari itu tugas Lembaga Pendidikan adalah merawat, mempertahankan Islam Indonesia yang toleran, moderat sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai demokrasi, sehingga kedepannya dapat dipertahankan serta ditingkatkan.

“Pasca diwisuda nantinya lulusan IAIN Samarinda harus mempersiapkan diri menghadapi tantangan globalisasi” tutup Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI itu.

Sementara itu Rektor IAIN Samarinda, Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan selamat kepada para wisudawan atas ketekunan, keuletan dan keberhasilan mereka dalam menyelesaikan program studi masing-masing.

“Ini semua berkat keuletan dan ketekunan selama kurang lebih empat tahun lamanya.Bukan sarjana sembarang sarjana, Ini sarjana dari IAIN Samarinda” terang Ilyasin

Salah satu mahasiswa yang mendapatkan predikat sebagai wisudawan terbaik, Hamzar menyebutkan hal itu menjadi wisudawan terbaik adalah kebanggaan tersendiri yang dapat dirasakan oleh orang tua, kerabat dekat, dan saya sendiri tentunya. Sebab, keberhasilan saya ini, tidak bisa lepas dari peran itu semua

“Jangan pernah menyerah untuk terus berjuang memberikan yang terbaik. Yakin dan percayalah bahwa dirimu mampu. Yakin lah bahwa setiap proses yang kita jalani akan mendapatkan hasil yang maksimal. Predikat hanyalah predikat yang diberikan, yang akan menjadi tolak ukur kesuksesan adalah setelah dari itu. Yakinkan dengan iman, usahakan dengan ilmu dan sampaikan dengan amal,” Pungkas sarjana hukum ini.  (man)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.