Minat Bertani Generasi Muda Milenial Mulai Tumbuh

October 9, 2019 by  
Filed under Agrobisnis

Samarinda – Minat generasi muda untuk berusaha di bidang pertanian saat ini mulai tumbuh. Bahkan saat ini di Kabupaten Berau telah ada kelompok anak muda yang membuka lahan untuk menanam jagung.

“Kita membantu mereka perlengkapan hingga nanti paska panen,” kata Plt. Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikutura (Dinas Pangan TPH)Provinsi Kaltim, Uni Gamayati saat membuka Rapat Koordinasi Upaya Khusus (Upsus) padi dan jagung di ruang rapat Dinas Pangan TPH, Rabu (9/10/2019).

“Syaratnya, luas lahan minimal 100 hektar, supaya dapat menutupi biaya operasional alat pertanian modern yang diberikan,” kata Uni.

Uni menambahkan, syarat lainnya yaitu lahan harus datar dan tidak bergelombang. Karena bantuan alat pertanian tidak bisa digunakan di daerah berbukit.

Selain menanam jagung, Dinas Pangan TPH juga mewajibkan kelompok tani menanam padi, bergantian dengan menanam jagung.

“Dari dua kali menanam jagung, mereka diwajibkan satu kali menanam padi,” ujar Uni.

Uni berharap, daerah kabupaten/kota lainnya di Kaltim dapat mengusulkan hal yang sama seperti Kabuapaten Berau. Dengan tumbuhnya minat kalangan muda ini, diharapkan produksi padi dan jagung di Kalimantan Timur terus meningkat. (*/w)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.