Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Buka Rute Penerbangan Langsung Ke Madinah

September 29, 2019 by  
Filed under Berita

Balikpapan – Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan telah menambah rute penerbangan umroh menuju Madinah langsung dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300 milik maskapai Lion Air.

Dalam penerbangan pertamanya, Sabtu (28/9/2019) maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 116 registrasi PK-LEJ memberangkatkan 436 orang Jamaah Umroh yang tergabung dalam sejumlah agent travel di Kalimantan Timur. Berdasarkan jadwal penerbangan perdana diberangkatkan pukul 06.40 dan tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah pukul 13.00 waktu setempat.

 

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan, pembukaan rute baru penerbangan umroh langsung menuju Madinah dengan menggunakan maskapai Lion Air makin memberikan kemudahan kepada Jamaah Umroh untuk melakukan penerbangan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

“Tidak perlu lagi transit dibeberapa daerah, penumpang juga tidak perlu berganti pesawat dan menjalani sejumlah prosedural bandara,” ujarnya, Sabtu (28/9/2019).

Selain itu, penerbangan umroh tersebut dapat menghemat waktu tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah dengan perkiraan 12 jam perjalanan udara.

Lanjut Farid, terkait fasilitas yang diberikan selama di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan seperti alokasi Jamaah di area keberangkatan lantai 4 untuk melakukan persiapan kelengkapan administrasi sebelum masuk ke ruang tunggu dan sarana tempat ibadah juga tersedia di area tersebut. Hal ini untuk memberikan kenyaman jamaah itu sendiri.

“Adapun persiapan personil yang kami tugaskan untuk menjaga kelancaran proses keberangkatan jamaah umroh yaitu Terminal Service, Customer Service dan Avation Security serta di area sisi udara sebelum take off akan dilakukan inspeksi runway untuk memastikan keselamatan penerbangan,” jelasnya.

Farid berharap dengan dibukanya rute tersebut masyarakat di Kalimantan Timur khususnya di Balikpapan bisa dengan mudah melaksanakan ibadah umroh, meningkatkan minat calon jamaah yakni memperoleh harga yang lebih terjangkau.

Sementara itu, sebagai langkah awal penerbangan Lion Air Balikpapan ke Madinah akan dilaksanakan satu kali dalam seminggu yakni di hari Sabtu. Menurut jadwal penerbangan tersebut akan terjadwal hingga 11 Januari 2020 mendatang.

Seperti diketahui sebelumnya penyelenggara umroh di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan memberangkatkan Jamaah Umroh harus transit terlebih dahulu disejumlah daerah seperti Jakarta, Medan, Padang dan Singapore. (an)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.