Sanggar Seni Tari Dan Tingkilan Meriahkan Pentas Seni Erau 2019

September 12, 2019 by  
Filed under Wisata

TENGGARONG – Penampilan beberapa komunitas sanggar seni tari dan musik tingkilan perwakilan dari beberapa kecamatan di Kukar meriahkan pelaksanaan pesta adat Erau 2019 di panggung pentas seni halaman Kedaton Kutai Kartanegara Ing Martadipura Tenggarong, Rabu (11/9/2019).

Penampilan para komunitas sanggar tari dalam rangka memeriahkan pentas seni pelaksanaan Erau 2019

Kegiatan pentas seni yang menampilkan kesenian khas Kutai tersebut nampak antusias disaksikan para pengunjung, hal tersebut terlihat dari banyaknya para penonton yang telah memenuhi depan panggung hiburan baik dari kalangan dewasa hingga anak-anak.

Sementara, sanggar seni Yayasan Sangkoh Piatu yang menjadi penampilan pembuka membawakan tiga judul tarian yaitu Tari Baksa, Tari Topeng Kelana yang menceritakan pengembaraan seorang ksatria muda dalam mencari ilmu kedikjayaan, dimana dalam pengembaraannya didampingi seorang abdi dalam yang setia bernama Togog. Serta Tari Topeng Gunung Sari yang menceritakan gerakan bersolek dan menjala yang mengambarkan kegemaran dan aktifitas keseharian Raden Gunung Sari. Dimana penampilan tersebut mendapatkan tepuk tangan yang riuh dan diabadikan para pengunjung melalui kamera Smartphone.

Kemudian dilanjutkan penampilan dari sanggar seni Yayasan Borneo Generasi Cemerlang dari Kecamatan Loa Janan, Kesenian musik tingkilan Mahakam Kutai dari Kecamatan Muara Muntai, Sangar tari Sungai Bawang Kecamatan Muara Badak, Yupa Tingkilan Embalut Kecamatan Tenggarong Seberang dan diakhiri pertunjukan dari Eskul Tari Tradisional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPK Tenggarong yang menampilkan Tari Tiking Leka yang menceritakan tentang seekor burung tiking kecil yang terbang bebas.

Untuk diketahui, pentas seni tersebut dilaksakan setiap malam selama pelaksanaan Erau 2019 sejak pukul 20:00 sampai dengan 22:00 Wita, selain pentas seni disekitar lokasi tersebut juga terdapat stand pameran yang didominasi kuliner dan kerajinan khas Kutai dari beberapa kecamatan yang ada di Kukar.(Hendroaldino-Medsi08).

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.