Ganjar Pranowo Puji Lokasi IKN Di Kaltim Yang Berada Di Wide Life

September 8, 2019 by  
Filed under Berita

Balikpapan – Rencana Ibu Kota Negara (IKN) yang baru akan berkonsep City in the  Forest, IKN juga bakal mengadopsi New Urbanism yang bertemakan bangunan dan infrastruktur hijau (Green Building and Infrastructure). Hal tersebut dikatakan Mentri PUPR/Bappenas Basuki Hadimuljono saat berkunjung ke Kota Balikpapan beberapa waktu lalu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Menanggapi konsep dan tema IKN baru tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, konsep seperti ini sangat langka dan hanya ada satu-satunya di dunia.

Menurut Ganjar, konsep yang dibuat oleh Presiden tersebut harus didukung, karena lokasi Kalimantan yang merupakan paru-paru dunia tidak akan terusik oleh adanya pembangunan IKN ini.

“Kemarin saya dan temen-temen berkunjung ke penangkaran orangutan BOS. Konsep ini bisa di combine, jadi ada Ibu Kota tapi sekitarnya wide life, di dunia cuma satu itu, ya Indonesia,” ujarnya, Sabtu (7/9/2019).

Ganjar yakin jika pembangunan IKN di Kaltim ini telah didukung oleh sumber daya manusianya yang sangat andal. Sehingga tidak diragukan lagi dalam hal kerjasamanya serta mendukung kecepatan pembangunan di wilayah Indonesia tengah hingga ke timur.

“Kalimantan Timur orangnya hebat-hebat, SDM sudah enggak bisa diragukan. Insyallah pembangunan Ibu Kota akan berjalan sesuai rencana dan itu akan berdampak ke Indonesia Timur,” jelasnya.

Singkatnya waktu yang ditargetkan Presiden dalam memindahkan IKN ini juga tak lepas dari perhatian Ganjar. Dirinya menilai, meski akan banyak pertimbangan dan tantangan dalam membangun IKN tapi dirinya optimis jika IKN bisa terlaksana di tahun 2024 mendatang.

“Saya tau pak Jokowi kalo sudah memasang target itu akan sering di cek. Contohnya di wilayah saya. Ditetapkan sebagai Pengelolaan Ekonomi, dipantau per tiga bulan. Pembangunan infrastruktur juga di Indonesia di cek tiap minggu. Jadi saya optimis,” tegasnya.

Adanya IKN yang berlokasi persis di tengah Indonesia ini akan sangat membantu perekonomi di Indonesia, khususnya wilayah tengah dan timur. Sehingga bisa menjadi pemerataan kawasan ekonomi.

“Pasti bergeser, jadi sekitar Kalimantan pemerataan perekonomian juga pasti terjadi. Biarkan Jawa jadi kota industri aja,” tutup Ganjar. (an)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.