Empat Pelamar Ambil Formulir di PDIP

September 6, 2019 by  
Filed under Serba-Serbi

Samarinda.- Sejak pendaftaran dibuka 2 September lalu, ada empat pelamar yang mengambil formulir untuk direkomendasikan menjadi calon wali kota Samarinda. Edi Kurniawan merupakan satu-satunya yang berstatus kader partai PDIP dan menjadi kader pertama yang mengambil formulir. Sedangkan tiga lainnya Apri Gunawan, Meiliana dan Ridwan Tassa pendaftar non kader partai bermoncong putih tersebut.

Ketua panitia penjaringan Ahmad Sofyan membeber masa pengambilan formulir adalah 2 hingga 10 September. 11 hingga 17 September adalah pengembalian berkas. Pada 18 hingga 20 September berkas akan diserahkan ke DPD PDIP Kaltim untuk diverifikasi.

“Setelah itu diteruskan ke DPP untuk ditindaklanjuti. Nanti akan turun rekomendasi siapa yang direstui sebagai calon wali kota dan wawali dri PDIP,” ujar Sofyan, Kamis (5/8/2019) kepada awak media.

Lanjut Sofyan, 28 September nama-nama yang lolos verifikasi berkas mengikuti sekolah calon kepala daerah yang diadakan oleh DPP. Namun politik tidak gratis. Panitia mematok biaya pendaftaran Rp 25 juta. Acuannya peraturan partai 24/2017 tentang penjaringan bakal calon kepala daerah. Disebutkan setiap DPC berhak menentukan sendiri nominalnya.

“Namanya dana gotong royong, itu sudah ditetapkan sama DPC,” jelasnya.

Tapi nominalnya pun dibedakan. Angka tersebut hanya berlaku bagi non kader. Sedangkan kader hanya setengahnya atau sekitar Rp 12,5 juta. Total terkumpul hingga kini adalah Rp 87,5 juta. Nama-nama kandidat yang sudah mendaftar akan ditampilkan. Poling juga menjadi bahan untuk mengetahui elektabilitas calon.

“Sudah saatnya hal yang  berkaitan dengan gerak politik partai diinformasikan ke publik. Makanya kami adakan poling,” terangya  Sofyan.

Sementara itu Edi Kurniawan yang ditemui usai mengambil formulir mengaku ikut membayar sesuai ketentuan. Edi mengaku ingin terus berbuat untuk yang terbaik bagi Samarinda kedepannya.

“Biaya ini tanda keseriusan. Ya, hitung-hitung sumbangan untuk partai,” ujarnya. (man)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.