Hydrant Harus Ada di Gang Sempit

September 3, 2019 by  
Filed under Serba-Serbi

Balikpapan – Wali Kota Balikpapan beserta rombongan yang meninjau langsung sejumlah proyek drainase dan jalan, pada Selasa (03/09/2019) pagi di kawasan Balikpapan Kota, meminta agar gang-gang sempit bisa dipasangi hydrant.

Hydrant yang dipasang secara inisiatif oleh warga

Saat meninjau kawasan Prapatan dalam, Wali Kota menemukan warga yang secara inisiatif memasang hydrant dilingkungannya. Wali Kota pun terinspirasi dari satu kawasan yang warganya inisiatif memasang hydrant atau alat pemadam api.

Kawasan tersebut berada di jalan yang sempit dan padat. Ia pun berencana untuk menganggarkan pengadaan Hydran, khususnya di kawasan yang padat penduduk dan sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

“Iya nanti kita lihat lingkungan mana saja yang perlu kita pasangkan yang potensi sering terjadi kebakaran. Sebaiknya kita pasang semua sebenarnya gitu ya kan. Kita lihat di mana saja yang prioritas dulu,” ujarnya.

Wali Kota berencana meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mendata dan memasang hydrant di lokasi-lokasi yang dianggap memiliki potensi terjadinya kebakaran.

“Nanti kita minta BPBD mendata dulu. Khusunya bagi lingkungan yang memimiliki potensi kebakaran,” ujarnya.

Rizal juga sempat menyinggung soal hydrant yang tidak berfungsi saat akan digunakan, menurutnya jika sudah ada hydrant dilingkungan warga, sebaiknya warga juga ikut memeliharanya. Diakui Wali Kota saat ini masih minim penempatan hydrant di Kota Balikpapan, namun kedepan dirinya akan mencoba menambah titik hudrant tersebut

“Kalo sudah ada warga juga ikut menjaga. Jangan pas mau dipake rusak, enggak berfungsi. Kan yangbdirugikan warga juga,” jelasnya. (an)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.