Kebakaran Lahan Di Bukit Cinta Sulit Dipadamkan

August 22, 2019 by  
Filed under Serba-Serbi

Balikpapan – Lahan seluas 500 meter persegi pada Kamis (22/8/2019) dini hari sekira pukul 03.30 Wita terbakar. Bahkan hingga pukul 10.10 Wita api masih berkobar di kawasan Bukit Cinta RT 01 Kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah.

Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan yang memantau kejadian tersebut mengatakan, lokasi kebakaran ini diduga dilakukan oleh penjaga lahan PT Multi Pancang yang merupakan lokasi penampungan sampah material kayu dan bangunan.

“Kebakaran ini terjadi pada pukul 3.30 Wita. Ini lokasinya tempat penampungan sampah material kayu dan bangunan punya PT Multi Pancang tapi sudah almarhum yang punya. Ini hanya penjaganya saja,” ujarnya.

Sebenarnya penjaga lahan atas nama Ian sudah berulang kali diperingatkan untuk tidak lagi menerima tampungan pembuangan material. Bahkan minggu lalu, pihak Lurah bersama Satpol PP telah mendatangi Ian dan memberi teguran langsung.

Alasan dilarangnya membangun bangunan dilokasi ini lantaran menurut Camat lokasi ini sangat berbahaya dan beresiko. Selain itu juga berbatasan langsung dengan hutan kota dan komplek TNI AU.

“Kawasan ini cukup beresiko, mudah longsor dan tidak layak untuk dibangun apalagi berbatasan dengan hutan kota dan komplek angkatan udara,” tegasnya.

Sementara itu, Waka Polsek Balikpapan Utara Iptu Wiyono menjelaskan, jika saat ini seorang penjaga lahan atas nama Ian telah dibawa dan diperiksa oleh kepolisian, guna mencari keterangan lebih lanjut penyebab kebakaran ini.

“Kita amankan dulu penjaganya. Supaya jelas perkaranya, sebab akibatnya. Intinya kita dalami karena ada saksi,” ujarnya.

Hingga berita ini dimuat, kondisi di lapangan masih berasap, bahkan kebakaran ini hampir enam jam lebih, petugas yang menurunkan lebih dari 12 tanki air pun masih bersiaga di lokasi. (an)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.