PWI Kaltim Beri Pemahaman Pengaruh Media Sosial Pada Pelajar

August 9, 2019 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Samarinda-Persatuann Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kaltim melalui Seksi Wartawan Bidang Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan kunjungan ke beberapa sekolah di Samarinda dan memberi pemahaman pengarun media sosial pada pelajar. Kegiata n dimulai di SMP Negeri 6 Samarinda, Jumat (9/8/2019)

Ony Resita dan Supriati dari seksi bidang perempuan dan perlindungan anak PWI Kaltim menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dalam rangka hari anak Indonesia. Perkembangan teknologi saat ini semua orang dari anak usia dini, remaja dan orangtua tidak luput dari telepon seluler. Orangtuapun harus dipaksa melek informasi teknologi. Yang memprihatinkan, banyak remaja yang kebablasan menerima secara vulgar isi dari semua medsos.

Ony mengungkapkan, agenda ini menjadi program kerja PWI dan akan terus mengingatkan kepada anak – anak remaja tentang modus dunia maya dan menyasar remaja sebagai korban.

” Kami akan terus memberi pemahaman kepada para remaja kita saat ini, soal bagaimana menyikapi pengaruh medsos negatif kepada anak anak kita saat ini, ‘Jelas Ony.

Sekolah yang pertama mendapat kunjungan yaitu SMP Negeri 6 Samarinda. Sebanyak 900 siswa diberi pemahaman dengan narasumber dari PWI Kaltim bekerja sama dengan Biro Psikologi, Yulia Wahyu Ningkrum,M.Psi.

Yulia menjelaskan, remaja sekarang harus paham dan mengerti apa itu bulying dan penggambaran tulisan di media sosial. Tontonan yang dapat merusak otak yang dilakukan terus menerus oleh para remaja. Belum lagi modus baru di media sosial yang sedang melada dunia maya kepada anak anak SMP dengan pelecehan seksual lewat dunia maya yang di sebut Grooming.

“Ini dilakukan oleh segelintir orang yang paham dunia maya untuk merusak ahlak anak bangsa,” kata Yulia.

Kegiatan kunjungan ini dilakukan PWI Kaltim bekerjasma dengan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kaltim, oleh Dinas Pendidikan Kota Samarinda. (*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.