Kaltim Jajaki Kerja Sama dengan Sydney

August 6, 2019 by  
Filed under Kalimantan Timur

Sydney-Pemprov Kaltim menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Australia dan para investor di   New South Wales, Queensland dan South Australia. Rencana penjajakan kerja sama ini dipimpin Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. Langkah pertama yang dilakukan adalah bertemu Konsul Jenderal RI untuk New South Wales, Queenslan dan South Australia yang berkedudukan di Sydney, Heru Hartato Subolo.

Setidaknya ada tiga bidang kerja sama yang diharapkan dapat diwujudkan dari lawatan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi kali ini. Yakni kerja sama bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM), pariwisata dan peningkatan kapasitas ekonomi daerah (perdagangan dan investasi).

“Kiblat pendidikan kita dulu selalu Eropa dan Amerika. Padahal Australia ternyata sangat expert untuk pertanian, minerba dan services,” kata Hadi Mulyadi, di Sydney, Senin (5/8/2019).

Berikutnya, Hadi juga menawarkan potensi pariwisata yang terhampar di gugusan kepulauan Derawan.

“Kami punya banyak pantai yang masih natural dan sangat menawan. Ada Maratua dan Kakaban dengan ubur-ubur terbalik dan tidak beracun. Kami juga punya Danau Labuhan Cermin, satu dari sepuluh danau terindah di dunia,” sebut Hadi.

Konjen RI di Sydney, Heru Hartato Subolo dengan senang hati akan membantu mempromosikan berbagai potensi Kaltim.

“Walaupun kami di Sydney, kami juga ‘staf’ bapak. Dengan senang hati kami akan bantu mempromosikan berbagai potensi Kaltim baik di bidang pariwisata, investasi dan perdagangan, termasuk untuk kerja sama bidang pengembangan SDM,” kata Heru Hartarto Subolo. (*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.