Rumah Kelinci DR 23 Objekwisata Edukasi

July 22, 2019 by  
Filed under Wisata

Balikpapan – Akhir pekan menjadi salah satu hari yang digunakan untuk mengisi luburan bagi keluarga. Namun, liburan bisa menjadi hal yang mengasikkan jika sambil belajar. Di kawasan Gunung Tembak, tepatnya di Samboja (Kukar) terdapat sebuah lokasi objekwisata edukasi. Yakni Rumah Kelinci DR 23. Sebarnya lokasi ini masuk kedalam kawasan Kutai Kartanegara, namun lebih dekat dengan Kota Balikpapan.

Di Rumah Kelinci R-D 23 ini masyarakat dapat menjumpai puluhan ekor kelinci yang dengan sengaja diternakkan oleh sang pemiliknya.

Yuli penjaga Rumah Kelinci DR 23 mengatakan, sedikitnya terdapat 70 ekor kelinci dengan jenis Anggora, Holland Lop, Netherland Dwarf, Rex, American, dan lain-lain.

“Kita ada banyak jenisnya, tapi biasa orang banyak yang suka sama jenis Rex dan Anggora. Disini memang di kembang biakkan,” ujarnya, Minggu (21/7/2019).

Di Rumah Kelinci DR 23 ini pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan kelinci-kelinci yang imut dan menggemaskan ini. Bahkan penjaga disini telah menyediakan makanan berupa sayuran yang khususnya wortel denga harga Rp 5.000 ped ikatnya.

“Kalau mau pegang-pegang sambil foto bisa sama kelincinya. Kita juga siapkan pakannya dijual,” tambah Yuli.

Pada akhir pekan seperti saat ini biasanya jumlah pengunjung bisa mencapai 40an orang. Bahkan pada saat liburan lalu, pengunjung yang datang mencapai 60-70 orang diakhir pekannya. Pengunjung yang masuk ke Rumah Kelinci DR 23 ini akan dikenai retribusi kebersihan sebesar Rp 2.500 per orang, dan bagi anak-anak tidak dipungut biaya alias gratis.

Adanya Rumah Kelinci DR 23 ini dijadikan media pembelajaran bagi sebagian orang tua. Tidak hanya berlibur, tetapi juga sambil mengedukasi anak-anak mereka.

Umy salah satu pengunjung mengatakan, sengaja datang ke Rumah Kelinci DR 23 ini untuk refreshing sambil mengenalkan jenis-jenis kelinci kepada anaknya yang baru berusia enam tahun.

“Anak saya kan baru sekolah kelas satu. Saya taunya lokasi ini dari IG (Instagram) sengaja mau mengenalkan ke dia biar lebih tau aja,” ujarnya.

Umy warga Balikpapan tepatnya di Gunung Malang ini menjelaskan, jika Rumah Kelinci DR 23 ini sangat bagus dan bermanfaat. Terlebih tersedia berbagai jenis kelinci dan juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan tersebut.

“Bagus ya ada wisata seperti ini. Tapi kalo bisa diperluas lagi lah areanya. Jadi anak-anak bisa bermain lebih bebas lagi sama kelincinya,” katanya.

 

Nah, bagi kalian yang ingin mengunjungi lokasi Rumah Kelinci DR 23 ini langsung saja ke kawasan Gunung Tembak, Samboja akan terdapat sebuah plang yang mudah ditemukan untuk lokasi Rumah Kelinci ini. (andrie)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.