ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

CSR HPM Bangun IPA di Rantau Sentosa

July 18, 2019 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

SANGATTA- Dibawah kepemimpinan Bupati Kutai Timur (Kutim), semangat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat tak pernah surut kendati keuangan daerah sedang tak maksimal. Banyak program pemenuhan kebutuhan air bersih yang terus dijalankan. Tak hanya program dari Pusat, daerah tetapi juga dengan melibatkan perusahaan swasta.

Multi Stakeholder (MSH) CSR dan Bappeda Kutim saat melakukan monitoring ke Busang belum lama ini. (Foto: Ist)

Menindaklanjuti hasil rakor Corprorate Social Responsibility (CSR) tahun lalu, baru-baru ini tim dari Multi Stakeholder (MSH) CSR dan Bappeda Kutim, sesuai instruksi Bupati Kutim, Kamis (11/7/2019) melakukan peninjauan lapangan terhadap progress pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Bersih yang dilaksanakan oleh PT Hamparan Perkasa Mandiri (HPM) di desa Rantau Sentosa Kecamatan Busang. Program ini dilaksanakan melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Dilapangan, tim monitoring Bappeda Kutim bersama Tim Forum MSH-CSR didampingi Wawan selaku manajemen CSR PT HPM.

“Berdasarkan hasil perkembangan di lapangan, kami melakukan musyawarah bersama untuk menghasilkan kesepakatan-kesepatan antara aparat desa, Badan Permusyawarat Desa, calon pengelola, Bappeda, perusahaan dan Forum MSH CSR,” kata Dedi Haryadi dari Forum MSH CSR.

Berkat program ini, sebanyak 1.271 jiwa dari 310 Kepala Keluarga dapat merasakan air bersih. Kapasitas IPA (instalasi pengolahan air) mencapai 1,5 liter/detik. Dedi menyebut pembangunan IPA dan jaringan (pipanisasi) Desa Rantau Sentosa ini adalah kolaborasi multi pihak. Dengan sumber penganggaran dari CSR PT HPM, APBN (Program Pamsimas), APBD, ADD, DD dan tenaga masyarakat. Program dari PT HPM ini secara tak langsung menjadi contoh dan pilot project pengadaan air bersih untuk masyarakat. Maka dari itu, Dedi mewakili Forum MSH CSR berharap perusahaan yang beroperasi di Kutim dapat berperan aktif dan berkontribusi secara nyata dalam mendukung pembangunan daerah. Melakukan sinergitas dan sinkronisasi terhadap program CSR dengan program pembangunan daerah dari Pemkab Kutim.

“Dengan melihat dan mengacu pada RPJMD. Tentunya kolaborasi dan sinergitas inilah yang kami harapkan. Tentunya kami atas nama Forum MSH CSR dan pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih kepada PT Hamparan Perkasa Mandiri. Kiranya apa yang dilakukan perusahaan ini bisa diikuti oleh perusahaan lainnya,” harap Dedi. (*/hm3)


Share this news

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "CSR HPM Bangun IPA di Rantau Sentosa"

  1. Rahmad on Sat, 18th Sep 2021 6:24 am 

    Bangun IPA doang,,pipa doang,,saluran doang,,tp air bersihnya g ngalir…preet lah

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.