Calon Jamaah Haji Kukar Ikuti Manasik Haji

July 12, 2019 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

TENGGARONG – Sebanyak 601 orang calon jamaah haji Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti bimbingan manasik haji di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Senin (8/7/2019) lalu. Calon jamaah haji asal Kukar tersebut rencana nya akan diberangkatkan mulai tanggal 21 Juli.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh  (PHU) Saifullah, ia mengatakan pelaksanaan bimbingan manasik Haji Kab Kukar tahun 1440 H/2019 M dilaksanakan selama 2 hari, dimulai  8 hingga 9 Juli 2019 diikuti sebanyak 601 calon jamaah haji, dengan materi yang disampaikan yang bersifat teknis, kebijakan dan prosesi – prosesi persiapan jamaah.

Untuk tahun 1440 H/2019 M ini kuota jamaah haji untuk kab Kukar bertambah menjadi 601 orang termasuk petugas daerah (TPHD), pada tahun sebelumnya kuota jamaah haji Kukar hanya 535 orang hal ini adalah hasil dari pembagian prosentasi dari 10 ribu kuota tambahan secara nasional. “Kukar sendiri mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 64 orang, dan ini diprioritaskan kepada calon jamaah haji lansia (lanjut usia),” ujarnya.

Dikatakan Saifullah, calon jamaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini adalah calon jamaah haji yang telah menunggu dengan penuh kesabaran kurang lebih 8 tahun, sedangkan  istimasi (masa tunggu porsi keberangkatan calon jamaah haji Kab Kukar sampai akhir pendaftaran bulan Juni 2019, kurang lebih selama 23 tahun lamanya menunggu kurang lebih 23 ribu orang).

Untuk diketahui pada musim haji tahun 1441 H/2020 M yang akan datang, dimana pada tahun – tahun sebelumnya calon jamaah haji lanjut usia minimal 75 tahun menjadi 65 tahun, dapat diusulkan untuk percepatan pemberangkatan dengan masa daftar  calon jamaah haji minimal 3 tahun berjalan.

Keberangkatan calaon jamaah haji Kab Kukar terbagi dalam tiga kloter, yang tergabung dalam kloter 3, kloter 4 dan kloter 6 yang pem,pemberangkatannya hanya berselang satu hari dimulai pada 20 Juli (med3)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.