Muhandas, Dari Kutim Wakili Kaltimtara Diajang Melukis Nasional

July 9, 2019 by  
Filed under Profile

SANGATTA – Muhandas Asweta Alvara Asha (8),  salah satu pelajar asal Kutai Timur (Kutim) ini akan mengharumkan nama Kutim pada ajang lukis tingkat nasional di Galeri Nasional, 23 Juli hingga 13 Agustus 2019 di Jakarta. Lukisannya lolos untuk menghiasi galeri pamer di ibukota bersama 73 lukisan lainnya dari pelukis muda se Indonesia. 

Muhandas Asweta Alvara didampingi orangnya saat menyerahkan lukisan karyanya kepada Bupati Kutim (Foto: Wak Hedir)

Muhandas Asweta Alvara Asha, Senin (8/72019), didampingi kedua orangtuanya, Agung Suroso dan Susilowati, menemui Bupati Kutim Ismunandar dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang untuk menyerahkan lukisan karyanya sebagai kenang-kenangan untuk Pemkab Kutim.

“Sudah ikut seleksi dari Maret 2019 lalu. Mulai mengirim karya-karya lukisan di atas kanvas ke Galeri Nasional. Alhamdulillah, meski baru pertama kali ikut kegiatan tingkat nasional, sudah bisa mewakili Kabupaten Kutai Timur dan Provinsi Kalimantan Timur,” ungkap Muhandas Asweta Alvara Asha, pelajar kelas III SD 003 Sangatta Utara.

Muhandas Asweta Alvara Asha pun mengaku sangat senang karyanya bisa tampil di antara lukisan-lukisan lainnya di Jakarta. Dilihat banyak orang. Apalagi, ia juga diundang hadir di pameran tersebut.

“Senang sekali. Bisa sekalian jalan-jalan,” ujar Muhandas Asweta Alvara Asha.

Menurut ibunda Susilowati,  dunia lukis, sudah dilakoni anak semata wayangnya sejak usia 2 tahun. Kemudian terus menerus semakin terlihat bakat melukisnya. Hingga akhirnya bisa menelurkan sedikitnya tujuh karya lukis di atas kanvas yang kerap ikut dipamerkan di galeri.

“Memang dari kecil sudah kelihatan bakatnya. Senang menggambar. Kalau lihat ayahnya melukis, dia juga ikut mengambil pensil warna dan mulai menggambar juga. Sejak itu, sering kami ikutkan lomba-lomba menggambar. Pokoknya kami fasilitasi apa yang dibutuhkan untuk menggambar,” ungkap Susilowati.

Bupati Kutim Ismunandar mengungkapkan apresiasinya terhadap prestasi pelajar Sangatta yang bisa melaju ke tingkat nasional. Bahkan, sebagai bentuk dukungan, Bupati Kutim Ismunandar memberikan sedikit uang saku buat Muhandas Asweta Alvara Asha berangkat ke Jakarta pada 23 Juli mendatang. (*/hm15)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.