Pengabdian Polri Mampu Berikan Rasa Aman dan Nyaman di Kota Beriman

July 7, 2019 by  
Filed under Balikpapan

Balikpapan — Kepolisian Republik Indonesia memasuki usia ke-73 pada 1 Juli lalu. Dengan Semangat Prometer dan Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa, dan Negara, publik menilai kinerja Polri lebih baik. Khusus di Benua Etam, hal itu dirasakan ketika proses pemilihan umum berlangsung lebih aman dan kondusif.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, dalam melaksanakan tugasnya kepolisian telah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Beriman. Faktanya kerja sama antara kepolisian dan Pemkot Balikpapan selalu baik. Dan setiap kebijakan yang diambil untuk kamtibmas selalu didukung satu sama lain.

“Ini bukan katanya. Tapi faktanya. Atas nama Pemkot Balikpapan kami berterima kasih. Dan di HUT Bhayangkara ke 73 ini Polri lebih melekat ke masyarakat,” ujar Rahmad Mas’ud (7/7).

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Balikpapan Thohari Aziz juga mengakui, jika kinerja dan profesionalisme yang ditunjukkan Polres Balikpapan dan Polda Kaltim. Polisi mampu bekerja sama dengan baik dalam hubungan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Hubungan yang dibangun sangat bermanfaat dalam menjaga kondusifitas kota dan menjaga rasa aman di masyarakat,” ujar Thohari.

Mewakili parlemen, Thohari bangga kepada Polri. Yang setiap saat melakukan pembenahan dari sisi pelayanan kepada publik. Juga mampu meningkatkan hubungan dengan mitra-mitra Polri. Sehingga peran aktif dalam menjaga Kamtibmas juga menular ke masyarakat.

“Saya pribadi dan mewakili DPRD Balikpapan bangga dengan Polri khususnya Polres Balikpapan dan Polda Kaltim yang ada di sini,” terangnya.

Apalagi di momen penyelenggaraan Pemilu serentak 2019, sebagai Ketua PDI Perjuangan Balikpapan, Thohari merasakan bagaimana Polri bersama TNI berperan aktif. Untuk menjaga situasi yang membuat semua kalangan, dari penyelenggara pemilu hingga partai politik dan masyarakat umum bisa melaksanakan kewajiban dan hak politik mereka.

“Saya merasakan betul bagaimana polisi dan TNI mampu membuat pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Dari kalangan akademisi, Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Piatur Pangaribuan juga berharap di HUT Bhayangkara ke 73 ini, Polri khususnya Polda Kaltim bisa meningkatkan kinerja dalam penegakan hukum. Mengingat Kaltim sebagai daerah yang besar dengan sumber daya alam yang melimpah.

“Masalah hukum berkaitan dengan tambang, korupsi dan tumpang tindih lahan menjadi hal yang harus diatensi Polda Kaltim,” ujar Piatur.

Publik akan melihat setiap langkah yang dilakukan kepolisian dalam menangani kasus-kasus yang dia sebutkan itu. Karena itu dengan semakin bertambahnya usia kepolisian, maka ada harapan Polri semakin baik. Menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. Tak segan melakukan penindakan hukum tanpa pandang bulu.

“Di era keterbukaan informasi ini, publik akan mengapresiasi kinerja kepolisian secara langsung,” ujarnya. (an)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.