Stunting Bisa Dicegah Sejak Kehamilan

July 5, 2019 by  
Filed under Kesehatan

SANGATTA – Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur (Kutim) melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kutim, H Muhammad Yusuf berharap dengan bertambah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kecamatan Sangatta Utara, deteksi perkembangan tumbuh kembang anak dapat dilakukan sejak dini. Yakni, dari sejak kehamilan ibu. Hal ini diungkapkan, Yusuf saat penyerahan bantuan renovasi bangunan Posyandu Cinta Kemuning, dari Kaltim Prima Coal (KPC) kepada Ketua Posyandu Cinta Kemuning Asnidar.

“Kami (Dinkes) berharap kader-kader Posyandu, agar memantau perkembangan dan pertumbuhan anak-anak sejak dini. Karena kita sedang dihebohkan dengan permasalah stunting. Stunting itu bisa terjadi sejak ibu hamil, harus memang diperhatikan gizinya bagaimana. Ada bidan yang bertugas di Posyandu juga bisa koordinas. Jangan sampai permasalahan kehamilan sudah besar ada persolan disana, sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak-anak menjadi terhambat,” ungkap Yusuf.

Lebih lanjut, Yusuf menambahkan stunting adalah pertumbuhan atau tinggi badan yang tidak sesuai dengan umurnya. Dia berharap dengan adanya posyandu pemeriksaa kesehatan kedepan tidak ada lagi anak yang stunting. (*/hm15)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.