Bupati Tanam Kakao Serentak di Kaubun

July 1, 2019 by  
Filed under Agrobisnis

KAUBUN – Bupati Kutim H Ismunandar, melakukan penanaman kakao serentak di seluruh kecamatan Kaubun yang tersebar delapan kelompok tani di sejumlah desa. Secara simbolis, penanamannya dilaksanakan di desa Pengadan Baru, Minggu (30/6/2019).

Bupati H Ismunandar menanam kakao.(Wardi)

Orang nomor satu di Kutim ini mengatakan, enam bulan ke depan akan dilakukan evaluasi. Sehingga tidak perlu menunggu setahun delapan bulan.

“Nanti kita agendakan untuk ke sini lagi Desember, sehingga bisa melihat perkembangan sekaligus evaluasi,” kata Ismunandar.

Bupati berharap, setelah melakukan penanaman ini jangan sampai tidak ada yang membeli setelah panen nanti. Jangan sampai pengalam tanam jagung, nilam dan singkong gajah tertulang kembali.

Camat Kaubun M Amin mengatakan, penanaman kakao ini dilaksanakan serentak se-Kecamatan Kaubun dengan modal berpikir. Ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat.

Pihaknya berharap dengan melakukan program tanamam kakao ini, ke depan kecamatan Kaubun akan menjadi sentra kakao di Kaltim. Ada delapan kelompok yang tersebar di sejumlah desa untuk melakukan tanaman kakao ini.

“Sebagian sudah ada yang menanam setahun lalu. Dan sebagian akan melalukan penanaman serentak,” kata Amin.

Kades Pengadan Baru Rahman mengatakan gerakan menanam kakao yang dilakukan di areal lahan kelompok tani Kakao Sejahtera di desa Pengadan Baru, Kecamatan Kaubun ini merupakan kerjasama semua pihak. Ini sebagai upaya mewujudkan visi dan misi Kutai Timur, yakni agribinis dan agroindustri.

“Diperkirakan kakao ini dalam waktu satu tahun delapan bulan sudah bisa panen. Kami berharap, saat panen nanti Pak Bupati bisa kembali ke sini untuk melakukan panen perdana,” kata Rahman.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dan Bupati Kutim Ismunandar. Demikian juga Camat Kaubun dan PPL serta perusahaan yang ada di sekitarnya.(*/hm2)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.