ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pulung Sari Wakili Kutim Ikuti Lomba Desa Tingkat Kaltim

June 21, 2019 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Desa Pulung Sari Kecamatan Rantau Pulung berhasil menjadi juara pada lomba Presentasi Evaluasi Perkembangan Desa yang dilaksanakan pada 12-13 Juni 2019. Pulung Sari meraih juara 1 dengan skor 1 68,31 mengalahkan 2 desa lainnya yakni Desa Kandolo Kecamatan Teluk Pandan di posisi ke dua dengan skor 68,13 dan Benua Ilir Kecamatan Sangkulirang diposisi ke tiga dengan skor 63,13.

Kepala DPMD Kutim Suwandi memberikan pengarahan Presentasi lomba desa dan evaluasi perkembangan desa 2019 di Desa Kandolo Kecamatan Teluk Pandan. (Foto: Ist)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutim, Suwandi menjelasakan, penilaian lomba desa tahun 2019, tim penilai melakukan penilaian langsung di lapangan terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan TP.PKK Kutim.

“Juara lomba desa akan diberi penghargaan berupa Piagam dan uang Pembinaan dan program untuk memajukan desa. Selanjutnya kita akan kirim mewakili Kutim, mengikuti lomba desa Tingkat Provinsi,” terangnya.

Adapun beberapa indikator penilaian lomba yaitu terkait penyelenggaraan Pemerintahan Desa diantaranya penyelenggaraan musyawarah desa BPD, akuntabilitas pembinaan dan pengawasan, insiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat. Kemudian dibidang kewilayahan diantaranya identitas/kondisi desa, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Selanjutnya bidang kemasyarakatan, seperti partisipasi masyarakat lembaga masyarakat, PKK, keamanan dan ketertiban, serta pendidikan dan kesehatan.

“Diharapkan dengan adanya lomba ini dapat meningkatkan pelayanan yang terbaik pada pemerintah desa didukung peningkatan kinerja aparatur pemerintah desa dengan kerja sama lembaga-lembaga dan masyarakat desa. Terciptanya kerja sama yang baik serta semangat gotong royong dan memberikan kesempatan kepada ide-ide baru (inovasi) kreatif yang dapat berguna bagi peningkatan perekonomian masyarakat desa,” harap Suwandi. (*/hm10)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.