Diguyur Hujan Deras, Tenggarong Direndam Banjir

June 9, 2019 by  
Filed under Berita

Tenggarong. Akibat diguyur hujan sejak Minggu (09/06/2019) dinihari hingga pagi dengan intensitas yang tinggi, sejumlah titik di wilayah Tenggarong terendam banjir. Sejumlah kawasan di Tenggarong, seperti Kelurahan Maluhu, Kelurahan Loa Ipuh, Jalan Bougenville, Jalan Tambak Rel, Jalan Kramajaya, Jalan Stadion, Jalan Durian, Jalan Lai, Jalan Pesut, Jalan Naga, Jalan Jelawat, Jalan Maduningrat dan beberapa kawasan lainnya tergenang banjir.

Banjir terparah terjadi di Perumahan Jalan Tambak Rel, Kelurahan Baru yang merendam perumahan warga hingga mencapai 1,5 meter atau setinggi dada orang dewasa. Hal ini disebabkan karena perumahan Tambak Rel secara geografis terletak di daerah cekungan serta tidak tertatanya sistem drainase dengan baik.

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah menjelaskan jika sistem drainase yang ada belum tertata dengan baik dan maksimal, sehingga membuat aliran air menjadi tersumbat dan menyebabkan banjir.

 

“Memang drainasenya belum tertata dengan baik, jadi salah satu yang kita amati bahwa disini drainase untuk menyalurkan ke sungai mahakam tidak bisa optimal,” terang Edi Damansyah.

Tidak hanya itu, hujan deras juga menyebabkan Waduk Panji Sukarame meluap hingga turun ke jalan dikarenakan jumlah debit air yang tidak mampu tertampung oleh bendungan waduk.

Dalam peninjauannya, Edi Damansyah mengatakan akan menindaklanjuti sistem pengendalian drainase yang ada di Tenggarong. Dan meminta pengertian dan partisipasi masyarakat di kawasan sungai kejawi yang rumahnya menutup jalur koneksi drainase ke Sungai Mahakam untuk bisa saling bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

“Saya mohon dukungan dari warga Kelurahan Baru yang berada dikawasan sungai kejawi ini, nanti kita akan bicara dan musyawarah bagaimana baiknya, karena apapun yang direncanakan oleh pemerintah kalau tidak dapat partisipasi masyarakat , nanti tidak dapat cepat dilaksanakan,” lanjut Edi Damansyah.

Llangkah-langkah penanggulangan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah yakni dengan mengevakuasi warga serta membangunkan dapur umum untuk para korban yang terdampak banjir kali ini. (rif)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.